PENGARUH PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN BRAIN BASED LEARNING TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS V MATA PELAJARAN IPA DI MIN 2 PALEMBANG. (Skripsi)

Mustopa, Mustopa (2016) PENGARUH PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN BRAIN BASED LEARNING TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS V MATA PELAJARAN IPA DI MIN 2 PALEMBANG. (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
Mustopa.pdf

Download (685kB) | Preview

Abstract

Judul penelitian ini adalah Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Brain Based Learning Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Kelas V Mata Pelajaran IPA di MIN 2 Palembang. Peneliti mengangkat judul tersebut dikarenakan pelaksanaan pembelajaran IPA di MIN 2 Palembang selama ini memiliki banyak kelemahan antara lain, proses pembelajaran IPA masih kurang melibatkan siswa pada aktivitas keterampilan proses atau kerja ilmiah IPA, terbatasnya alat – alat praktikum dan waktu yang dimiliki guru. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan model pembelajaran brain based learning pada Mata Pelajaran IPA, bagaimana aktivitas belajar siswa kelas V Mata Pelajaran IPA, dan apakah ada pengaruh penerapan model pembelajaran brain based learning terhadap aktivitas belajar siswa kelas V Mata Pelajaran IPA di MIN 2 Palembang. Alat pengumpul data dalam penelitian ini yaitu observasi, angket, dan wawancara. Dalam pengolahan data ini penulis menggunakan cara pengolahan data statistik, karena data yang digunakan adalah data kuantitatif. Untuk menganalisa data dalam penelitian ini maka penulis menggunakan teknik analisa kualitatif dan statistik. Dengan rumus TSR dan korelasi. Berdasarkan permasalahan di atas, penerapan model pembelajaran brain based learning di MIN 2 Palembang, dapat dilihat dari hasil analisa angket sebagai berikut: sampel penelitian terdiri dari 60 (100%) orang siswa, sebanyak 47 (78,33%) menyatakan bahwa pelaksanaan model pembelajaran brain based learning terkategori Sedang. Sedangkan 9 (15%) siswa menyatakan pelaksanaan model pembelajaran brain based learning terkategori tinggi. Dan 4 (6,67%) menyatakan pelaksanaan model pembelajaran brain based learning dikategori rendah. Jadi penerapan model pembelajaran brain based learning di MIN 2 Palembang masuk dalam kategori sedang, hal ini dilihat dari jumlah responden (siswa) sebanyak 47 (78,33%). Dan aktivitas balajar siswa di MIN 2 Palembang adalah dalam kategori sedang. Dalam hal ini siswa sebagai sampel penelitian jumlahnya sebanyak 60 (100%) orang siswa. Ternyata sebanyak 52 ( 86,67%) orang siswa memiliki aktivitas belajar pada kategori sedang. 6 (10%) memiliki aktivitas belajar tinggi, dan 2 (3,3%) siswa memiliki aktivitas belajar buruk (rendah). Adanya hubungan yang signifikan antara pelaksanaan model pembelajaran brain based learning terhadap aktivitas belajar siswa di bidang studi Ilmu Pengetahuan Alam, Hal ini dilihat dari hasil rxy yang besarnya 1,115 tersebut lebih besar dari harga r tabel baik pada taraf signifikan 5% yaitu 0,250 maupun pada taraf signifikan 1% yaitu 0,325. Oleh karena itu taraf signifikasi 5% (0,250) < 1,115> (0,325) pada tarag signifikasi 1%.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Brain Based Learning.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 15 Apr 2016 08:29
Last Modified: 15 Apr 2016 08:29
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/122

Actions (login required)

View Item View Item