UPAYA GURU MENINGKATKAN KETERAMPILAN GERAKAN SHOLAT MAGHRIB DENGAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS II SD NEGERI 262 PALEMBANG. (Skripsi)

Sakdiyah, Sakdiyah (2016) UPAYA GURU MENINGKATKAN KETERAMPILAN GERAKAN SHOLAT MAGHRIB DENGAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS II SD NEGERI 262 PALEMBANG. (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (475kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (243kB) | Preview

Abstract

Metode demonstrasi adalah metode mengajar yang menggunakan peragaan untuk memperjelas suatu pengertian atau untuk memperhatikan bagaimana melakukan sesuatu kepada siswa. Dengan metode demonstrasi guru memperlihatkan pada seluruh siswa bagaimana gerakan sholat magrib yang baik dan benar. Rumusan masalah dalam penelitian tindakan kelas adalah: Apakah dengan menggunakan metode demonstrasi dapat meningkatkan keterampilan melaksanakan gerakan sholat Magrib pada siswa kelas II SDN 262 Palembang. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas II berjumlah 45 orang siswa. Teknik pengumpulan data di dalam penelitian ini adalah demonstrasi gerakan sholat. Berdarkan hasil penelitian tindakan kelas di atas, menunjukkan bahwa: sebelum perbaikan, banyaknya siswa tidak terampil dalam gerakan sholat, hasil yang diperoleh setelah diadakan tes pra siklus menunjukkan bahwa siswa yang sudah terampil dalam gerakan sholat ada 14 orang atau 33%, sedangkan ada 31 orang siswa yang belum terampil dalam gerakan sholat dengan persentase nilai 67% dan ketuntasan belajar baru mencapai 33%. Pada siklus 1, menunjukkan adanya peningkatan keterampilan gerakan sholat siswa bila dibandingkan dengan hasil sebelumnya. Hal ini terlihat dari keterampilan gerakan sholat keaktifan dalam pembelajaran berjumlah 31 orang 69% dengan nilai rata-rata 78,22. Pada Siklus 2, pada siklus ini peningkatan keterampilan gerakaan sholat siswa dalam mengikuti pembelajaran telah mencapai 45 orang yaitu 100% dengan nilai rata-rata 91,55. Berdasarkan temuan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode demonstrasi dapat meningkatkan keterampilan gerakan sholat Magrib siswa kelas II di SD Negeri 262 Palembang.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Metode Demonstrasi, Gerakan Shalat.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 15 Apr 2016 08:26
Last Modified: 15 Apr 2016 08:26
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/124

Actions (login required)

View Item View Item