UDAYANA, REZZA (2017) PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN IPA DI MADRASAH IBTIDAIYAH NAJAHIYAH PALEMBANG.[SKRIPSI]. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
REZZA UDAYANA (13270098).pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi masalah hasil belajar siswa yang masih tergolong rendah, hal ini dibuktikan dengan hasil wawancara antara peneliti dengan guru kelas IV C, dimana guru mengemukakan bahwa hasil belajar siswa kelas IV masih tergolong rendah karena proses pembelajaran yang masih menggunakan pendekatan kovensional dan kegiatan siswa saat pembelajaran adalah mendengarkan kemudian mengerjakan soal-soal latihan yang terdapat pada buku pegangan. Melalui pendekatan kontekstual (Contextual Teaching and Learning/CTL) ini diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV C di MI Najahiyah Palembang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning/CTL) pada mata pelajaran IPA kelas IV di MI Najahiyah Palembang? (2) Bagaimana hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPA di MI Najahiyah Palembang sebelum dan sesudah menerapkan pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching And Learning/CTL)? (3) Apakah terdapat Pengaruh Penerapan Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching And Learning/CTL) terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPA di MI Najahiyah Palembang? Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui penerapan pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning/CTL) pada mata pelajaran IPA materi gaya pada siswa kelas IV di MI Najahiyah Palembang, (2) untuk mengetahui hasil belajar siswa materi gaya pada siswa kelas IV MI Najahiyah Palembang sebelum dan sesudah menerapkan pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching And Learning/CTL), (3) untuk mengetahui pengaruh penerapan pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning/CTL) terhadap hasil belajar siswa materi gaya pada siswa kelas IV MI Najahiyah Palembang. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan design exsperiment. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah siswa kelas IV di MI Najahiyah Palembang yang berjumlah 90 orang dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas IV C yang berjumalh 29 orang. Alat pengumpulan datanya adalah tes (pre-test dan post-test). Rumus untuk analisis data memakai tes “t” untuk mengetahui perbedaan hasil belajar yang signifikan antara sebelum dan sesudah penggunaan pendekatan kontekstual (Contextual Teaching and Learning/CTL). Dengan membandingkan besarnya “t” yang diperoleh hasil perhitungan ( =14,588) dan besarnya “t” yang tercantum pada tabel nilai t ( ) maka dapat diketahui bahwa jauh lebih besar dari pada yaitu 2,05 < 14,58 > 2,76 dari perhitungan di atas diperoleh sehingga hipotesis nihil ditolak dan hipotesis alternatif diterima.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | perpus perpus perpus |
Date Deposited: | 28 Aug 2018 03:12 |
Last Modified: | 28 Aug 2018 03:12 |
URI: | http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/1279 |
Actions (login required)
View Item |