UMIKALSUM, MSY. AFRILIA (2017) IMPLEMENTASI KOMPETENSI SOSIAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR NEGERI 05 PEMULUTAN.[SKRIPSI]. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
MSY. AFRILIA UMIKALSUM (12210167).pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Skripsi ini mengkaji tentang implementasi kompetensi sosial guru Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 05 Pemulutan. Penulisan skripsi ini di maksudkan untuk mengetahui penerapan kompetensi sosial guru Pendidikan Agama Islam yang berkaitan dengan kemampuan sosial meliputi kemampuan guru dalam berkomunikasi, bekerja sama, bergaul simpatik dan mempunyai jiwa yang menyenangkan dan juga dapat berkomunikasi dengan baik secara lisan, tulisan dan isyarat, bergaul secara efektif dengan peserta didik, sesama pendidik, tenaga kependidikan, orang tua/wali peserta didik dan bergaul secara santun dengan masyarakat sekitar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi kompetensi sosial guru Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 05 Pemulutan, bagaimana upaya sekolah dalam meningkatkan kompetensi sosial guru Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 05 Pemulutan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kompetensi sosial yang dimiliki guru Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 05 Pemulutan dan untuk mengetahui upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kompetensi sosial di SD Negeri 05 Pemulutan. Penelitian pada skripsi ini menggunakan metode penelitian kualitatif yaitu penelitian yang menggambarkan keadaan sebenarnya dari fenomena objek yang diteliti dan ditunjang oleh referensi-referensi yang berkaitan dengan tema yang dibahas pada skripsi ini. Adapun yang menjadi tolak ukur kompetensi sosial guru Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 05 Pemulutan adalah hasil wawancara, obervasi, dokumentasi dan triangulasi yang mengkategorikan guru Pendidikan Agama Islam berkompetensi sosial tinggi, sedang atau rendah. Dari hasil penelitian yang peneliti lakukan, maka sampailah kepada kesimpulan bahwa guru Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 05 Pemulutan memiliki kompetensi yang cukup baik, mulai dari berkomunikasi, bergaul secara efektif dengan peserta didik, sesama pendidik, tenaga kependidikan, orang tua/wali peserta didik dan bergaul secara santun dengan masyarakat sekitar, kemudian upaya yang dilakukan sekolah dalam menerapkan kompetensi sosial guru PAI diantaranya yaitu; Mengikuti seminar pendidikan di dalam maupun di luar sekolah, pendekatan pada siswa, mengenal beberapa kepribadian guru, kunjungan ke rumah siswa, guru dan keluarga besar SD Negeri 05 Pemultan. Selanjutnya manfaat guru yang mempunyai kompetensi sosial adalah ia akan diteladani oleh siswa-siswanya. Sebab selain intelektual, emosional dan spiritual, siswa juga perlu diperkenalkan dengan kecerdasan sosial (social intellegence). Hal tersebut bertujuan agar siswa memiliki hati nurani, rasa perduli, empati dan simpati kepada sesama.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | perpus perpus perpus |
Date Deposited: | 04 Sep 2017 07:01 |
Last Modified: | 04 Sep 2017 07:01 |
URI: | http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/1286 |
Actions (login required)
View Item |