PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP N 1 PAYARAMAN, OGAN-ILIR. (Skripsi)

Armawati, Armawati (2016) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP N 1 PAYARAMAN, OGAN-ILIR. (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
Bab I,II,III.pdf

Download (596kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV,V.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Model Pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Payaraman. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian seluruh siswa kelas VII tahun pelajaran 2014-2015. Siswa kelas VII A dan VII B sebagai sampel, dimana rata-rata hasil belajar matematikanya tidak ada perbedaan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes. Tes digunakan untuk melihat hasil belajar matematika siswa setelah diterapkan model pembelajarannya. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t (uji pihak kanan) dan taraf signifikan 5%. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh t hitung = 1,761 dan t tabel adalah 1,684 dengan dk = 45, sehingga didapat t hitung > t tabel, sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi operasi hitung pecahan kelas VII SMP Negeri 1 payaraman. Hal ini dapat dilihat pada nilai rata-rata kelas eksperimen 75,1, sedangkan kelas kontrol sebesar 67,7 yang membuktikan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation lebih baik dari pada pembelajaran konvensional pada kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation, Hasil belajar matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 15 Apr 2016 08:24
Last Modified: 15 Apr 2016 08:24
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/129

Actions (login required)

View Item View Item