PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF TERHADAP SIKAP ILMIAH SISWA DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI DI KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 2 PALEMBANG.[SKRIPSI]

ANGGRAINI, TIA (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF TERHADAP SIKAP ILMIAH SISWA DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI DI KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 2 PALEMBANG.[SKRIPSI]. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
TIA ANGGRAINI.pdf

Download (4MB) | Preview
Official URL: http://perpus.radenfatah.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran generatif terhadap sikap ilmiah siswa. Penelitian ini dilakukan di SMA Muhammadiyah 2 Palembang tahun akademik 2016/2017. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode eksperimen dengan rancangan true eksperimental dan desain tipe postest only control group design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 46 siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah cluster random sampling yaitu secara acak dengan memilih dua kelas dari 4 kelas. Sampel yag terpilih adalah kelas X 3 dengan 23 mahasiswa yang sebagai kelas eksperimen (kelas menggunakan model pembelajaran generatif) dan X 4 dengan 23 mahasiswa yang sebagai kelas kontrol (kelas menggunakan model pembelajaran konvensional). Teknik pengumpulan data diambil dari kuesioner dan lembar observasi untuk melihat sikap ilmiah. Analisis data sikap ilmiah melalui kuesioner diperoleh skor rata-rata untuk kelas eksperimen yaitu sebesar 75,28, sedangkan kelas kontrol adalah 69,32. Hasil dari skor rata-rata untuk lembar observasi kelas eksperimen yaitu sebesar 69,39, sedangkan kelas kontrol adalah 58,47. Analisis data uji t dua kelompok, nilai t yang diperoleh yaitu 3,183 lebih besar dari nilai t tabel dengan derajat kebebasan (dk) = 42 dan tingkat signifikansi (α) = 0,05 sama dengan 2,01 (3,813> 2,01), H0 ditolak dan Ha diterima, yang berarti rata-rata sikap ilmiah siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran generatif lebih tinggi dari rata-rata sikap ilmiah siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran generatif berpengaruh terhadap sikap ilmiah siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Generatif; Sikap ilmiah
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 05 Sep 2017 02:45
Last Modified: 05 Sep 2017 02:45
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/1302

Actions (login required)

View Item View Item