PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TATA CARA BERWUDHU MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS 1 SD NEGERI 19 BANYUASIN I KABUPATEN BANYUASIN

MURSALIN, MURSALIN (2017) PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TATA CARA BERWUDHU MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS 1 SD NEGERI 19 BANYUASIN I KABUPATEN BANYUASIN. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
MURSALIN (1303088).pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://perpus.radenfatah.ac.id

Abstract

Kurangnya semangat belajar siswa dan minimnya siswa dilibatkan secara langsung dalam proses pembelajaran dikelas serta serta terlalu banyaknya siswa bermain dan menonton TV berdampak pada tingkat hasil belajar siswa yang rendah, kemudian muncul pula permasalahan karena kurang tepatnya cara yang digunakan guru dalam mengajar atau sering disebut penggunaan metode yang menyentuh pada siswa. Penelitian ini mempunyai permasalahan : Bagaimana meningkatkan hasil belajar siswa pada materi tata cara berwudhu mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas 1 SD Negeri 19 BA I Kabupaten Banyuasin. Dari permasalahan ini peneliti mengemukakan skripsi dengan judul “ Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Tata Cara Berwudhu’ Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas 1 SD Negeri 19 Banyuasin I Kabupaten Banyuasin”. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) sebanyak tiga kali siklus, disetiap siklus dilakukan tahapan-tahapan. Pada prasiklus memperhatikan data hasil observasi siswa dengan materi tata cara berwudhu kelas 1 dan ditemukan hasil yang tidak mencapai Kreteria Ketuntasan Mminimal (KKM), kemudian barulah dilakukan perbaikan dengan dua siklus dengan melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan ( observasi ), refleksi dan perencanaan ulang. Dari hasil perbaikan pembelajaran yang telah dilaksanakan melalui dua siklus, maka dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 1 SD Negeri 19 BA I Kabupaten Banyuasin pada materi tat cara berwudhu’. Sebelum penerapan metode demonstrasi ( prasiklus ) hasil belajar siswa rata-rata 55,14, setelah diterapkan metode demonstrasi pada siklus pertama hasil rata-rata siswa naik menjadi 69,26 dan di siklus kedua hasil rata-rata siswa naik menjadi 79,26. Kemudian berdasarkan ketuntasan prasiklus hanya 2 siswa saja atau 7,69%, pada siklus kedua menjadi 10 siswa atau 38,46% dan pada siklus kedua sudah mencapai 100%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 15 Sep 2017 06:34
Last Modified: 15 Sep 2017 06:34
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/1315

Actions (login required)

View Item View Item