KONSEP MENDIDIK ANAK DENGAN CINTA DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM (ANALISIS KRITIS TERHADAP PEMIKIRAN IRAWATI ISTADI).[SKRIPSI]

PUTRA AS, ANDIKA UTAMA (2017) KONSEP MENDIDIK ANAK DENGAN CINTA DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM (ANALISIS KRITIS TERHADAP PEMIKIRAN IRAWATI ISTADI).[SKRIPSI]. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
ANDIKA UTAMA PUTRA AS (12210025).pdf

Download (637kB) | Preview
Official URL: http://perpus.radenfatah.ac.id

Abstract

Judul penelitian ini “Konsep Mendidik Anak dengan Cinta dalam Perspektif Pendidikan Islam (Analisis Kritis Terhadap Pemikiran Irawati Istadi)”. Orientasi peneliti untuk melakukan penelitian ini disebabkan oleh adanya “kekerasan” dalam dunia pendidikan khususnya di Indonesia, terutama yang dilakukan oleh sebagian pendidik. Hal ini sangat memperihatinkan. Pada pendidikan khususnya dalam keluarga maupun umumnya pada lembaga-lembaga pendidikan, sedikit sekali yang mampu menerapkan pendidikan yang penuh cinta dan kasih sayang. Apabila dilihat dari segi atau cara pendidik dalam mendidik anak, jarang sekali ditemukan pendidikan dengan cinta serta kasih sayang. Melalui penelitian ini, peneliti akan menjelaskan bahwa mendidik anak dengan cinta serta diiringi dengan sikap lemah lembut terhadap anak didik, merupakan perintah yang datang dari Allah SWT. Pendidikan yang di dalamnya terdapat cinta kasih dan sayang serta lemah lembut, maka itu merupakan perbuatan yang bernilai ibadah. Karenanya, penelitian ini akan mendeskripsikan: 1) bagaimana konsep mendidik anak dengan cinta dalam pemikiran Irawati Istadi? 2) Bagaimana relevansi antara konsep mendidik anak dengan cinta pemikiran Irawati Istadi dengan konsep pendidikan Islam? Penelitian ini bersifat deskriptif dengan menelusuri literatur-literatur yang berhubungan dengan objek penelitian (library research). Dengan demikian, akan tergambar arah dan bentuk dari hasil penelitian yang bersifat mengambil hasil pemikiran dari Irawati Istadi dalam bukunya yang berjudul Mendidik dengan Cinta dan ditunjang dengan pemikiran-pemikiran para ahli dan tokoh pendidikan lainnya. Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan melalui studi pustaka terhadap Al-Qur’an, hadits, dan karya-karya para ahli pendidikan Islam. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, akhirnya dapat disimpulkan bahwa konsep mendidik anak dengan cinta dalam pemikiran Irawati Istadi adalah suatu usaha dalam mendidik anak dengan cara meletakkan cinta kepada anak, yakni berupa: kasih sayang, lemah lembut, komunikasi orangtua kepada anak, memberikan penghargaan (rewards), menumbuhkan kemandirian anak, dan disiplin. Kemudian, antara konsep mendidik anak dengan cinta menurut pemikiran Irawati Istadi dengan konsep pendidikan Islam terdapat relevansi yang sangat kuat. Konsep mendidik anak dalam bentuk kasih sayang, lemah lembut, komunikatif, memberikan penghargaan (rewards), menumbuhkan kemandirian, dan disiplin, sebagaimana dijelaskan oleh Irawati Istadi tersebut juga diajarkan secara jelas dan detail dalam konsep pendidikan Islam. Dengan kata lain, konsep mendidik anak dengan cinta menurut Irawati Istadi sangat sejalan dengan konsep pendidikan Islam menurut Al-Qur’an dan Hadits.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 18 Sep 2017 02:37
Last Modified: 18 Sep 2017 02:37
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/1318

Actions (login required)

View Item View Item