ANGGUNDIA, PIPIT AKTI (2017) IMPLEMENTASI IMAN DAN TAQWA (IMTAQ) DALAM MEMBANGUN UKHUWAH ISLAMIYAH DI SMA NAHDLATUL ULAMA PALEMBANG.[SKRIPSI]. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
PIPIT AKTI ANGGUN (13210331).pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Ukhuwah Islamiyah merupakan hubungan sesama muslim tanpa membedakan luas dan sempitnya kapasitas hubungan, mulai hubungan keluarga, masyarakat kecil sampai hubungan antara bangsa. Penelitian ini berjudul “ Implementasi Iman dan Taqwa (IMTAQ) dalam Membangun Ukhuwah Islamiyah di SMA Nahdlatul Ulama Palembang”. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran secara teratur tentang suatu peristiwa atau fenomena mengenai Ukhuwah Islamiyah di SMA Nahdlatul Ulama Palembang, Upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam membangun Ukhuwah Islamiyah di SMA Nahdlatul Ulama Palembang, dan faktor yang mempengaruhi Implementasi Iman dan Taqwa (IMTAQ) dalam membangun Ukhuwah Islamiyah di SMA Nahdlatul Ulama Palembang. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan. Jenis data dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini ada dua, yaitu sumber data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan tekhnik analisis yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Analisis datanya meliputi mereduksi data, penyajian data, triangulasi data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian disimpulkan bahwa Implementasi Iman dan Taqwa (IMTAQ) di SMA Nahdlatul Ulama Palembang. yaitu Infaq, Yasinan bersama setiap hari jum’at, Shalat Dzuhur berjama’ah, Melakukan ekstrakurikuler 3 kali dalam satu minggu, Mengadakan acara hari-hari besar Islam, Mengadakan perlombaan setiap hari kemerdekaan RI yaitu pada tanggal 17 Agustus, Membuat jadwal piket di setiap kelasnya, memberi nasihat ketika siswa melakukan kesalahan dan masih banyak lagi. Ukhuwah Islamiyah di SMA Nahdlatul Ulama Palembang dapat dikatakan sudah cukup baik, dikarenakan pihak sekolah sudah melakukan berbagai upaya dalam membangun Ukhuwah Islamiyah. Seperti, infaq, yasinan bersama, mengadakan harihari besar Islam, mengadakan acara haoul setiap tahunnya, mengadakan pertandingan ketika 17 Agustus. Akan tetapi siswa masih banyak yang tidak mengikuti atau kurang menta’ati peraturan yang ada di SMA Nahdlatul Ulama tersebut, walaupun yang tidak mengikuti kegiatan dikenakan sangsi tetapi masih banyak yang tidak menta’atinya, sehingga sering terjadinya siswa sering membantah yang tidak sewajarnya. Faktor yang mempengaruhi implementasi Iman dan Taqwa (IMTAQ) dalam membangun Ukhuwah Islamiyah. Faktor pendukungnya antara lain : faktor keluarga, teman, masyarakat persamaan keyakinan atau persamaan agama, persamaan suku, ras, bangsa dan lain sebagainya. Faktor penghambatnya yaitu : jiwa yang tidak di rawat, lidah yang tidak dikendalikan dan lingkungan yang kurang atau tidak kondusif.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | perpus perpus perpus |
Date Deposited: | 18 Sep 2017 03:58 |
Last Modified: | 18 Sep 2017 03:58 |
URI: | http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/1319 |
Actions (login required)
View Item |