HUBUNGAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPA DI MADRASAH IBTIDAIYAH NAJAHIYAH PALEMBANG.[SKRIPSI]

ANDRYANI, RAHMI DWIRIA (2017) HUBUNGAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPA DI MADRASAH IBTIDAIYAH NAJAHIYAH PALEMBANG.[SKRIPSI]. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
RAHMI DWIRIA ANDRYANI (12270107).pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://perpus.radenfatah.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya masalah pada siswa, bahwasanya siswa masih banyak yang kurang aktif dan kreatif dalam proses belajar berlangsung, dan sebagian siswa masih banyak yang mendapatkan nilai rendah pada mata pelajaran IPA, serta guru belum menerapkan model pembelajaran team assisted individualization (TAI) untuk menagatasi masalah tersebut peneliti menerapkan model pelembelajaran team assisted individualization pada mata pelajaran IPA di kelas V di MI Najahiyah Palembang. Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) merupakan salah satu dari pembelajaran Kooperatif yang dirancan untuk mengatasi kesulitan belajar siswa secara individual dan dapat membentuk siswa untuk lebih aktif dalam menganalisis dari sebuah permasalahan sehingga hasil belajar yang di peroleh siswa dapat meningkat. Pemasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana penerapan model pembelajaran team assisted individualization (TAI) pada mata pelajaran IPA kelas V di Mardasah Ibtidaiyah Najahiyah Palembang? Bagaiman hasil belajar siswa kelas V sebelum dan sesudah diterapkannya model pembelajaran team assisted individualization (TAI) pada mata pelajaran IPA di Mardasah Ibtidaiyah Najahiyah Palembang? Apakah ada hubungan model pemebelajaran team assisted individualization (TAI) dengan hasil belajar siswa kelas V di Mardasah Ibtidaiyah Najahiyah Palembang. Penelitian ini jenis penelitian lapangan (feld research), yang bersifat penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 61 orang kelas V. teknik mengambilan sampel adalah teknik sampling purposive Sampel penelitian ini yaitu kelas V.b berjumlah 30 siswa yang terdiri dari 16 orang laki-laki dan 14 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan tes. Sedangakan teknik analisi data yang digunakan adalah uji stasistik “ r “ product moment peta korelasi. Dari analisis tersebut maka diperoleh kesimpulan yaitu; pertama hubungan model pembalajaran team assisted Individualization dari hasil observasi guru semua tujuan terlaksana. observasi dan wawacara dan tes sedangkan tes digunakan untuk digunakan sebelum menerapkan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) siswa yang mencapai nilai tinggi 2 orang siswa, yang mendapat nilai sedang 14 orang siswa, dan yang mendapat nilai rendah adalah 14 orang siswa. dan sesudah menerapkan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) Siswa yang tergolong tinggi (baik) sebanyak 8 orang siswa, yang tergolong sedang 17 orang siswa, dan yang tergolong rendah adalah 5 orang siswa. Hubungan model pelajaran di kelas V.b. Analisis yang digunakan adalah hasil uji “r” didapat rhitung > rtabel yaitu rhitung = 0,673 dan rtabel = 0,361 dengan taraf signifikan 5% dari pengujian hipotesis Ha diterima yang berarti ada hubungan model pembelajaran team assisted individualization (TAI) dengan hasil belajar IPA.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 18 Sep 2017 04:22
Last Modified: 18 Sep 2017 04:22
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/1320

Actions (login required)

View Item View Item