PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CYCLE LEARNING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MADRASAH IBTIDAIYAH NAJAHIYAH PALEMBANG.[SKRIPSI]

NISMAYANI, NISMAYANI (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CYCLE LEARNING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MADRASAH IBTIDAIYAH NAJAHIYAH PALEMBANG.[SKRIPSI]. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
NISMAYANI (12270095).pdf

Download (642kB) | Preview
Official URL: http://perpus.radenfatah.ac.id

Abstract

Guru mempunyai tujuan agar materi pelajaran yang disampaikan dapat memotivasi seluruh siswa sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Model pembelajaran Cycle Learning adalah suatu model pembelajaran yang berpusat pada siswa (Student Centersed). Rumusan masalah dalam penelitian ini. Bagaimanakah menerapkan model pembelajaran Cycle Learning pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Najahiyah Palembang?, Bagaimanakah motivasi belajar siswa sebelum dan sesudah menerapkan model Cycle Learning pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Najahiyah Palembang?, Adakah pengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar siswa antara sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran Cycle Learning pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Najahiyah Palembang? Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen. Penlitian ini merupakan penelitian populasi yaitu seluruh siswa kelas V berjumlah 31 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, angket, dan dokumentasi. Dari perhitungan yang telah dilakukan maka diperoleh kesimpulan yaitu: Pertama Penerapan Model Pembelajaran Cycle Learning pada pembelajaran Aqidah Akhlakdi kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Najahiyah Palembang berdasarkan analisis observasi siswa tergolong sangat baik. Kedua Motivasi belajar Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Najahiyah Palembang sebelum penerapan Model Pembelajaran Cycle Learningtergolong baik (tinggi) sebanyak 6 siswa (19 %), tergolong sedang sebanyak 21 siswa (68 %), dan yang tergolong rendah sebanyak 4 siswa (13 %), sedangkan setelah digunakan Model Pembelajaran Cycle Learningtergolong baik (tinggi) sebanyak 5 siswa (16 %), tergolong sedang sebanyak 18 siswa (58 %), dan yang tergolong rendah sebanyak 8 siswa (26 %). Ketiga Terdapat Perbedaan Motivasi Belajar Siswa Sebelum dan Sesudah di Terapkan Model Pembelajaran Cycle Learning pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Siswa Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Najahiyah Palembang.Hal ini bisa dilihat dengan membandingkan besarnya “t” yang kita peroleh dalam perhitungan (to = 12,035) dan besarnya “t” yang tercantum pada table nilai t (tt.ts. 5% = 2,04 dan tt.ts. 1% = 2,75) maka dapat diketahui bahwa to adalah lebih besar dari tt yaitu 2,04<12,035>2,75. Karena to lebih besar dari tt maka hipotesis nihil yang diajukan ditolak, ini berarti menunjukkan Terdapat Perbedaan Motivasi Belajar Siswa Sebelum dan Sesudah di Terapkan Model Pembelajaran Cycle Learning pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Siswa Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Najahiyah Palembang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 09 Oct 2017 02:07
Last Modified: 09 Oct 2017 02:07
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/1366

Actions (login required)

View Item View Item