PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS TERHADAP HASIL BELAJAR KELAS X MADRASAH ALIYAH PONDOK PESANTREN QODRATULLAH PUTRA KABUPATEN BANYUASIN.[SKRIPSI]

HEFRIADI, HEFRIADI (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS TERHADAP HASIL BELAJAR KELAS X MADRASAH ALIYAH PONDOK PESANTREN QODRATULLAH PUTRA KABUPATEN BANYUASIN.[SKRIPSI]. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
HEFRIADI (12210111).pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://perpus.radenfatah.ac.id

Abstract

Ilmu pengetahuan dan teknologi yang selalu berkembang dan mengalami kemajuan, sesuai dengan perkembangan jaman dan perkembangan cara berpikir manusia. Penelitian ini dilatar belakangi karena siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran, rendahnya perhatian siswa terhadap mata pelajaran Al-Qur’an Hadits. Dalam hal ini guru dituntut untuk dapat merancang pembelajaran dengan memanfaatkan berbagai jenis model pembelajaran yang sesuai agar proses pembelajaran berlangsung efektif dan efisien. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining. bagaimana hasil belajar siswa kelas kontrol dan hasil belajar siswa kelas eksperimen yang diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining, Apakah ada Perbedaan antara hasil belajar siswa kelas kontrol dan hasil belajar siswa kelas eksperimen yang diterapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator and Explaining pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas X Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Qodratullah Putra Kabupaten Banyuasin. Tujuan penelitian in untuk mengetahui adalah untuk mengetahui adakah perbedaan antara hasil belajar siswa kelas kontrol yang tidak diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining dan hasil belajar siswa kelas eksperimen yang diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas X Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Qodratullah Putra Kabupaten Banyuasin. Penelitian ini merupakan penelitian true eksperimental dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 95 siswa kelas X. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 30 siswa kelas X. 1 sebagai kelas eksperimen dan 30 siswa kelas X.2 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan tes. Analisis data penelitian menggunakan statistik deskriptif dan uji-t. Berdasarkan uji persyaratan analisis data, Karena berdasarkan perbandingan nilai uji t diperoleh, Karena t0 lebih besar dari ttabel (baik pada signifikan 5% dan 1% ), 2,00 < 4,715 > 2,65, dengan demikian berarti hipotesis alternatif diterima dan hipotesis nihil ditolak. Ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas X Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Qodratullah Putra Kabupaten Banyuasin. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu adanya perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen yang diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining. Jadi, mengajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas X Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Qodratullah Putra Kabupaten Banyuasin.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 09 Oct 2017 03:19
Last Modified: 09 Oct 2017 03:19
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/1368

Actions (login required)

View Item View Item