KONSEP MODERNISASI SISTEM PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN MENURUT NURCHOLISH MADJID.[SKRIPSI]

Haryono, Haryono (2017) KONSEP MODERNISASI SISTEM PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN MENURUT NURCHOLISH MADJID.[SKRIPSI]. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
Haryono 12210106.pdf

Download (990kB) | Preview
Official URL: http://perpus.radenfatah.ac.id

Abstract

Skripsi ini berjudul “Konsep Modernisasi Sistem Pendidikann Pondok Pesantren Menurut Nurcholish Madjid”. Hal ini dilatar belakangi oleh kenyataan bahwa Nurcholish Madjid mengharapkan pengembangan pesantren tidak saja dilakukan dengan cara memasukkan pengetahuan non-agama, melainkan agar lebih efektif dan signifikan, praktek pengajaran harus menerapkan metodologi lebih baru dan modern. Adapun rumusan masalah adalah bagaimana konsep pemikiran modernisasi sistem pendidikan di pondok pesantren menurut Nurcholish Madjid dan Apakah konsep pemikiran modernisasi sistem pendidikan di pondok pesantren menurut Nurcholish Madjid dengan pendidikan saat ini. Sumber data pada penelitian ini terdiri dari buku karangan Nurcholish Madjid dan sumber data sekunder yakni semua dokumen dan data yang mendukung. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumentasi arsip, teori dan konsep yang berhubungan dengan objek penelitian . Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif dan content analisis atau analisis konten. Adapun hasil penelitian diperoleh hasil sebagai berikut: Konsep modernisasi pesantren Nurcholish Madjid adalah (1) Konsep keIslaman merupakan konsep dasar yang harus dimiliki lembaga-lembaga Islam (pesantren) yaitu mengawasi ilmu sains dan tekhnologi kedalam pengawasan nilai agama dan moral serta mengIslamkan pengetahuan modern. (2) Konsep keindonesiaan yaitu pesantren dengan ciri keaslian indegenous indonesian dan secara kultur merupakan asli budaya Indonesia dapat menciptakan suatu lembaga pendidikan yang mempunyai identitas kultur yang sejati yaitu kultur Indonesia. (3) Konsep keilmuan yaitu menyeimbangkan ilmu-ilmu Islam dan Ilmu-ilmu umum serta menghilangkan dualisme pendidikan menjadi pendidikan tunggal. Sedangkan secara operasional secara terperinci ide Nurcholish Madjid pada sistem pendidikan pesantren berfokus pada perumusan tujuan pesantren, penyempitan orientasi kurikulum dan sistem nilai di pesantren. Konsep pembaharuan sistem pendidikan pondok pesantren relevan dengan dunia pendidikan Islam modern, baik secara filosofis maupun secara manajemen pendidikan dan tidaklah bertentangan dengan perkembangan dunia pendidikan modern saat ini. Konsep pembaharuan sistem pendidikan pondok pesantren relevan dengan dunia pendidikan Islam modern, baik secara filosofis maupun secara manajemen pendidikan dan tidaklah bertentangan dengan perkembangan dunia pendidikan modern saat ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Modernisasi, Sistem Pendidikan Pondok Pesantren , Nurcholish Madjid
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 23 Oct 2017 01:46
Last Modified: 23 Oct 2017 01:46
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/1397

Actions (login required)

View Item View Item