PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN BAKAT AKADEMIK SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 TELADAN PALEMBANG.[SKRIPSI]

MAWADDAH, RANIAH (2017) PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN BAKAT AKADEMIK SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 TELADAN PALEMBANG.[SKRIPSI]. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
RANIAH MAWADDAH (13270094).pdf

Download (6MB) | Preview
Official URL: http://perpus.radenfatah.ac.id

Abstract

Peran guru sesungguhnya tidak dapat dipisahkan dari upaya untuk mencerdaskan dan menyiapkan kehidupan peserta didik dalam jangka panjang dengan bekal ilmu pengetahuan dan agama di dalamnya. Karena itulah pundak guru terdapat tanggung jawab dan tugas yang melekat secara terus-menerus sampai akhir hayat. Tugas dan tanggung jawab tersebut tidak mudah karena harus melewati proses yang panjang dan penuh dengan persyaratan serta berbagai tuntutan. Dikatakan bahwa guru merupakan pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar dan mengembangkan bakat akademik siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini. Bagaimana peran guru dalam mengembangkan bakat akademik siswa? Apa sajakah faktor pendukung dan penghambat peran guru dalam mengembangkan bakat akademik siswa. Skripsi ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif, penelitian yang dilakukan untuk menggambarkan atau menjelaskan secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta atau fenomena yang diselidiki. dengan kata lain pada penelitian deskriptif kualitatif adalah penelitian yang berupaya untuk menjelaskan masalah-masalah yang aktual, yakni masalah yang sedang terjadi atau masalah yang muncul pada saat sekarang. adapun informan yang dijadikan sumber data yaitu: Kepala Madrasah, Guru Mata Pelajaran Bahasa Arab, Inggris dan guru wali kelas IV A serta salah satu siswa di Kelas IV A. untuk memperoleh data penulis menggunakan data yaitu: wawancara untuk mengetahui peran guru dalam mengembangkan bakat akademik siswa dan faktor pendukung dan penghambatnya, observasi untuk mengamati pelaksanaan peran guru dan cara-cara dalam mengembangkan bakat akademik siswa serta faktor pendukung dan penghambatnya. Dokumentasi untuk mengetahui data tentang keadaan guru, siswa, pegawai, dan sarana dan prasarana di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Teladan Palembang. dan Trianggulasi sebagai bukti Keabsahan data yang diperoleh penulis. maka diperoleh Kesimpulan yaitu: bahwa guru telah melaksanakan tugasnya sebagai guru yang profesional serta telah melaksanakan perannya sebagai guru, tidak hanya mengajar saja, tetapi guru juga memperhatikan bakat yang dimiliki oleh siswa, serta ikut membantu dalam mengembangkan bakat akademik siswa. Terbukti ketika melaksanakan observasi secara langsung dari 4 narasumber, guru telah memberikan bentuk perhatian, motivasi, dukungan, serta latihan, pengetahuan dan penghargaan kepada siswa-siswi agar mereka kelak menjadi anak yang pintar, cakap, aktif dan kreatif. Serta mampu mengembangkan dan menyalurkan bakat akademik mereka, ketika mereka telah menyelesaikan pendidikan di sekolahnya. bahwa faktor pendukungnya adalah Lingkungan sekolah, yang sangat mendukung dalam mengembangkan bakat akademik siswa serta dilengkapi fasilitas-fasilitas yang cukup dan diadakan kegiatan ekstrakurikuler yang bertujuan dalam mengembangkan bakat akademik siswa. dan Faktor Kepribadian siswa, juga sangat mendukung siswa itu sendiri karena mereka memiliki semangat, kepercayaan diri dan antusias dalam menerima pembelajaran. Faktor penghambatnya adalah Lingkungan Keluarga, tidak ada dukungan dari kedua orang tuanya, tidak diberikan fasilitas yang menunjang pengembangan bakat yang dimiliki anaknya. dan Faktor Kecerdasan juga menghambat dalam mengembangkan bakat akademik siswa, tetapi guru bisa mengatasinya dengan adanya peran guru dan metode pembelajaran yang selalu variatif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 23 Oct 2017 02:40
Last Modified: 23 Oct 2017 02:40
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/1398

Actions (login required)

View Item View Item