UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH MATERI MANDI WAJIB DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE DI KELAS VI MADRASAH IBTIDAIYAH DAARUL AITAM PALEMBANG. (Skripsi)

Kalsum, SY (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH MATERI MANDI WAJIB DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE DI KELAS VI MADRASAH IBTIDAIYAH DAARUL AITAM PALEMBANG. (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (57kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar siswa kelas VI di MI. Daarul Aitam Palembang pada mata pelajaran Fiqih yang merupakan salah satu mata pelajaran ciri khas dari sekolah yang bernuansa keagamaan (agama Islam). Permasalahan dalam Penelitian ini adalah Apakah metode pembelajaran Scramble dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Fiqih materi Mandi Wajib di kelas VI Madrasah Ibtidaiyah. Daarul Aitam Palembang Tahun Pelajaran 2015 – 2016. Tujuan dilakukannya penelitian tersebut adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih materi Mandi Wajib dalam proses pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Scramble di kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Daarul Aitam Palembang tahun pelajaran 2015 – 2016. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 tindakan penelitian terdiri dari prasiklus, siklus 1 dan 2. Subjek penelitian adalah siswa kelas VI A MI. Daarul Aitam Palembang sebanyak 37 orang terdiri dari 19 anak laki-laki dan 18 anak perempuan. Dilaksanakan pada tahun ajaran 2015-2016 semester 1 (ganjil) yaitu dari bulan Agustus sampai bulan September 2015 dengan rincian prasiklus dilaksanakan pada hari kamis tanggal 27 Agustus 2015, Siklus I pada hari Selasa tanggal 1 September 2015, Siklus II pada hari Selasa tanggal 8 September 2015. Teknik pengumpulan data antara lain dengan lembar observasi dan lembar kerja siswa (LKS) selama tindakan dan dokumentasi kegiatan pembelajaran. Hasil dari penelitian adalah upaya guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI MI. Daarul Aitam Palembang pada mata pelajaran Fiqih materi Mandi Wajib dengan penerapan Metode Scramble berhasil dengan baik. Peningkatan nilai rata-rata siswa kelas VI A dari prasiklus, siklus 1 sampai siklus II yaitu 66,89 pada saat prasiklus, lalu meningkat menjadi 68,24 pada siklus I dan pada siklus II nilai rata-ratanya adalah 72,70. Sedangkan untuk Pencapaian ketuntasan Mata Pelajaran Fiqih (KKM = 70) data yang didapat adalah pada prasiklus 43,74% lalu di siklus I sebesar 67,57% dan mencapai 100% di siklus II. Maka disimpulkan bahwa penerapan metode scramble pada pembelajaran Fiqih khususnya pada materi Mandi Wajib merupakan upaya yang baik dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI MI. Daarul Aitam Palembang untuk mata pelajaran Fiqih.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Scramble.
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 15 Apr 2016 08:04
Last Modified: 15 Apr 2016 08:04
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/140

Actions (login required)

View Item View Item