KONSEP MENDIDIK ANAK MELALUI DIALOG DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM.[SKRIPSI]

NURHAYATI, NURHAYATI (2017) KONSEP MENDIDIK ANAK MELALUI DIALOG DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM.[SKRIPSI]. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
NURHAYATI (12210187).pdf

Download (3MB) | Preview
Official URL: http://perpus.radenfatah.ac.id

Abstract

Keluarga merupakan lembaga madrasah pertama yang mengajarkan pendidikan aqidah, pemahaman tauhid, dan penanaman iman terhadap anak. Kewajiban mendidik anak yaitu menumbuhkan anak atas dasar pemahaman keagamaan berupa peletakan dasar pendidikan iman dan ajaran Islam sejak masa pertumbuhan dan perkembangannya. Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui konsep mendidik anak dalam perspektif pendidikan Islam, untuk mengetahui konsep metode dialog dalam mendidik anak menurut perspektif pendidikan Islam, untuk mengetahui relevansi penerapan metode dialog untuk mendidik anak di lembaga pendidikan Islam di Keluarga (Informal), Sekolah (Formal), Majelis Ta’lim ( Non Formal). Penelitian kepustakaan (library research) merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan sumber data primer dan skunder, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini diantaranya, observasi literatur, kemudian diklasifikasikan setelah itu dilakukan penelaahan dengan cara membaca, mempelajari, dan mengkaji literatur yang berkaiatan dengan pokok penelitian. Teknik analisis data dalam penelitian ini diantaranya, reduksi data, pemeriksaan atas kelengkapan data, kemudian memilih, menyederhanakan, memfokuskan, dan menyusun dalam satuan-satuan kemudian diketegorisasikan sesuai dengan penelitian atau display data, kemudian verifikasi data, pemantapan kesimpulan sehingga ditemukan kesimpulan yang valid dan mendasar ( grounded theory). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Metode Dialog merupakan metode mendidik anak yang sangat baik dan afektif dalam penerapannya. Dalam perspektif Islam, mendidik anak dilakukan dengan memperhatikan beberapa hal yaitu menanamkan keyakinan yang kuat dengan ikatan aqidah, rohani, pikiran, sejarah, sosial, dan olahraga. Karena dalam pendidikan Islam mendidik anak bukan hanya sekadar memberikan pengajaran namun, juga bertujuan untuk menjadikannya sebagai pribadi yang baik atau yang berakhlakul karimah. Metode dialog merupakan metode mendidik anak dengan melakukan interaksi secara langsung antara orangtua dan anak. Sehingga dalam metode ini akan terjalin kepercayaan dari anak kepada orangtua serta akan semakin memberikan kedekatan antara kedua. Dalam perspektif Islam, metode dialog merupakan metode mendidik anak yang sudah diajarkan Rasulullah. Metode ini sangat baik diterapkan karena dalam penerapannya diantara keduanya akan saling bertukar pikiran dan wawasan. Sehingga hasil yang di dapat bukan hanya dari satu pihak. Begitu pula dalam pendidikan formal maupun masyarakat. Kesimpulan dari hasil penelitian yang penulis lakukan menunjukkan bahwa konsep mendidik anak dengan dialog perspektif pendidikan Islam dapat direlevansikan bukan hanya dilingkungan keluarga namun juga dapat diterapkan dilingkungan sekolah dan masyarakat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 23 Oct 2017 07:17
Last Modified: 23 Oct 2017 07:22
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/1401

Actions (login required)

View Item View Item