UPAYA GURU PAI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL SIFAT-SIFAT MUSTAHIL BAGI ALLAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK DENGAN BERNYANYI PADA MURID KELAS III SD NEGERI POM SAWIT KECAMATAN LAIS KABUPATEN MUSI BANYUASIN. (Skripsi)

Nurtiyani, Nurtiyani (2016) UPAYA GURU PAI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL SIFAT-SIFAT MUSTAHIL BAGI ALLAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK DENGAN BERNYANYI PADA MURID KELAS III SD NEGERI POM SAWIT KECAMATAN LAIS KABUPATEN MUSI BANYUASIN. (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab III.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (247kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Upaya Guru PAI dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Sifat-Sifat Mustahil Bagi Allah Melalui Model Pembelajaran Talking Stick dengan Bernyanyi pada Murid Kelas III SD Negeri POM Sawit Kecamatan Lais Kabupaten Musi Banyuasin” Adapun yang menjadi rumusan masalah pada penelitian ini adalah: “Apakah penggunaan model pembelajaran talking stick dapat meningkatkan kemampuan siswa menghafal sifat-sifat mustahil bagi Allah SWT di kelas III SD Negeri POM Sawit Kecamatan Lais Kabupaten Musi Banyuasin”?. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan model pembelajaran talking stick dapat meningkatkan kemampuan siswa menghafal sifat-sifat mustahil bagi Allah SWT di kelas III SD Negeri POM Sawit Kecamatan Lais Kabupaten Musi Banyuasin. Proses penelitian dimulai dari perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Dari sini peneliti mengetahui peningkatan pemahaman siswa terhadap materi sifat-sifat mustahil bagi Allah SWT di kelas III SD Negeri POM Sawit Kecamatan Lais Kabupaten Musi Banyuasin sudah berhasil atau belum. Hal ini diketahui pada bab IV yang nantinya menjelaskan hasil setiap siklus disertai penyajian data dalam bentuk grafik atau tabel serta penjelasan lainnya. Dengan penggunaan metode talking stick pada materi sifat-sifat mustahil bagi Allah SWT. terdapat peningkatan pada setiap siklus. Sebelum menggunakan metode talking stick perolehan nilai siswa rata-rata 53, 88 meningkat pada siklus pertama dengan nilai rata-rata 66,1 dan dan puncaknya pada siklus kedua nilai rata-rata siswa 97,2 dari nilai KKM 70. Sedangkan bila dilihat dari segi persentase ketuntasan kemampuan siswa menghafal sifat-sifat mustahil bagi Allah SWT mengalami peningkatan. Pada prasiklus baru ada 3 siswa atau 16,66% siswa yang mampu menghafal sifat-sifat mustahil bagi Allah SWT atau mencapai ketuntasan, tapi pada siklus I sudah ada 10 orang siswa atau 55,55 % dari siswa telah mencapai ketuntasan dan pada siklus II semua siswa yang berjumlah 18 orang semuanya telah mencapai ketuntasan atau 100% tuntas

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Talking Stick, Meningkatkan Kemampuan Menghafal.
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 15 Apr 2016 08:03
Last Modified: 15 Apr 2016 08:03
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/142

Actions (login required)

View Item View Item