NILAI NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM NOVEL BULAN TERBELAH DI LANGIT AMERIKA KARYA HANUM SALSABIELA RAIS DAN RANGGA ALMAHENDRA.[SKRIPSI]

SULASTRI, SULASTRI (2017) NILAI NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM NOVEL BULAN TERBELAH DI LANGIT AMERIKA KARYA HANUM SALSABIELA RAIS DAN RANGGA ALMAHENDRA.[SKRIPSI]. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
SULASTRI (13210267).pdf

Download (3MB) | Preview
Official URL: http://perpus.radenfatah.ac.id

Abstract

Pendidikan merupakan bagian dari sebuah proses dalam mempelajari banyak hal, baik melalui membaca, melihat suatu kejadian atau bertanya dengan orang yang lebih pandai dan yang lainnya. Salah satu proses belajar yaitu dengan membaca baik itu mengenai materi pembelajaran maupun cerita yang edukatif dan mengandung nilai-nilai pendidikan, namun pada dasarnya pada saat ini minat baca semakin menurun karna dampak negatif dari kemajuan teknologi yakni memunculkan sikap individualis serta disisi lain yakni kuatnya sikap yang menjunjung tinggi nilai-nilai yang bertentangan dengan nilai Islam hal tersebutlah yang menjadi masalah serta tantangan bagi kita umat Islam. Peneliti melihat bahwa sangat penting nilai-nilai pendidikan Islam tersebut dalam setiap diri individu, Nilai pendidikan Islam tersebut dapat diperoleh melalui bahan bacaan atau cerita salah satunya cerita novel Bulan Terbelah di Langit Amerika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan Islam dalam novel Bulan Terbelah di Langit Amerika karya Hanum Salsabiela Rais dan Rangga Almahendra serta konsep Implementasi nilai-nilai pendidikan Islam dalam dunia pendidikan (Sekolah) Penelitian ini merupakan penelitian Kepustakaan (Library Research) yaitu penelitian yang memanfaatkan sumber perpustakaan untuk memperoleh data penelitiannya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu membaca dengan simbolik dan simantik serta mencatat informasi yang terkandung dalam data dengan menggunakan kartu data. Data-data yang telah terkumpul kemudian dianalisis dengan teknik Hermeneutika yaitu menganalisis dengan menafsirkan dan menginterpetasikan bahasa yang ada di dalam novel tersebut. Hasil penelitian ini dari proses interpretasi dalam menjawab rumusan masalah peneliti menemukan bahwa nilai-nilai pendidikan yang terdapat dalam cerita novel Bulan Terbelah di Langit Amerika, nilai-nilai yang terkandung dalam novel ini antara lain yaitu: Nilai aqidah yang meliputi: Iman kepada Allah, Iman kepada malaikat, Iman kepada Kitab, Iman kepada Nabi dan Rosul, Iman kepada kepada Hari Akhir, Iman kepada Qada’ dan Qadar. Nilai Syari’ah (Ibadah) yang meliputi : Membaca Al- Qur’an dan Berdzikir kepada Allah. Nilai Akhlaq (Budi pekerti) meliputi: Nilai Sabar, Optimis, Bersyukur, serta berbakti kepada orang tua. Adapun konsep Implementasi nilai-nilai pendidikan Islam dalam dunia pendidikan (Sekolah) dapat dilakukan melalui metode Internalisasi dengan menggunakan teknik: keteladanan dan pembiasaan serta nasehat yang dilakukan di sekolah. Selain itu dengan penerapan program membaca Al-quran, seminar kajian keagamaan serta program lainnya yang berkaitan. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Cerita Novel Bulan Terbelah di Langit Amerika mengandung nilai-nilai pendidikan Islam yang dapat diambil manfaatnya khususnya dalam dunia pendidikan dan suatu konsep Implementasi nilainilai Islam dalam dunia pendidikan (Sekolah) dapat dilakukan dengan beberapa cara seperti peneladanan dan pembiasaan serta nasehat, diadakan seminar dan kajian keagamaan, dzikir setelah sholat berjama’ah, disediakan kantin kejujuran dan lainlain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 09 Nov 2017 01:09
Last Modified: 09 Nov 2017 01:09
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/1451

Actions (login required)

View Item View Item