Rinto, Rinto (2017) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN PROBLEM POSING KELAS IV PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI MADRASAH IBTIDAIYAH QURANIAH 8 PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
RINTO (13270105).pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Kegiatan pembelajaran merupakan proses pendidikan yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan potensi mereka menjadi kemampuan yang semakin lama semakin meningkat dalam sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang diperlukan dirinya. Oleh karena itu model pembelajaran yang digunakan harus sesuai dengan apa yang harus menjadi tujuan tersebut, perbedaan dari tujuan model itu berbeda-beda sesuai dengan karakteristik-karakteristik model pembelajaran tersebut, terdapat banyak model pembelajaran yang ada sekarang ini misalnya saja model pembelajaran problem based learning dan problem posing. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran problem based learning (PBL) pada mata pelajaran Matematika kelas IV.A, bagaimana hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran problem posing pada mata pelajaran Matematika kelas IV.B, adakah perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran problem based learning (PBL) dan problem posing pada mata pelajaran Matematika kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Quraniah 8 Palembang? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran problem based learning pada mata pelajaran Matematika kelas IV.A, untuk mengetahui hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran problem posing pada mata pelajaran Matematika kelas IV.B, untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran problem based learning dan problem posing pada mata pelajaran Matematika kelas IV di MI Quraniah 8 Palembang. Jenis penelitian adalah kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian eksperimen semu. Objek penelitian ini adalah siswa kelas IV.A dan IV.B yang berjumlah 52 orang siswa. Jenis data kualitatif dalam penelitian ini terdiri dari keadaan personil sekolah, dan nama siswa di MI Quraniah 8 Palembang. Sedangkan data kuantitatif terdiri dari jumlah guru, dan jumlah murid di MI Quraniah 8 Palembang. Sumber data primer adalah siswa, guru mata pelajaran Matematika IV.A dan IV.B di MI Quraniah 8 Palembang. Sedangkan sumber data sekunder adalah dokumen sekolah di MI Quraniah 8 Palembang serta buku-buku yang berhubungan dengan penelitian ini. Teknik pengumpulan data dalam menggunakan metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan rumus statistik uji “t”. Dari analisis tersebut maka diperoleh kesimpulan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti dihitung dengan menggunakan TSR menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran problem based learning tergolong tinggi dilihat dari nilai rata-rata (mean) yakni 85,1. Sedangkan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran problem posing tergolong rendah dilihat dari rata-rata (mean) yakni 82,5. Dibuktikan dengan melihat perbandingan dengan uji t jika –ttabel < thitung > ttabel atau -2,01 < 2,98 > 2,68. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara model pembelajaran problem based learning dengan problem posing terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran Matematika kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Quraniah 8 Palembang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | perpus perpus perpus |
Date Deposited: | 09 Nov 2017 07:48 |
Last Modified: | 09 Nov 2017 07:48 |
URI: | http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/1458 |
Actions (login required)
View Item |