Riski, Muhidin (2017) STRATEGI PEMASARAN TERHADAP PERSAINGAN USAHA DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (STUDI KASUS PADA KERAJINAN SONGKET FIKRI PALEMBANG).[SKRIPSI]. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
MUHIDIN RISKI (12190129).pdf Download (863kB) | Preview |
Abstract
Songket adalah salah satu kain khas kota Palembang, kain songket ini biasanya dipakai dalam acara adat yang umumnya digunakan oleh kaun wanita terutama dalam upacara peyambutan tamu dipakai oleh penari. Para pengrajin haruslah mempunyai strategi pemasaran yang jitu untuk mempertahankan produk songket di tengah persaingan yang sangat ketat. Pengrajin dituntut melakukan inovasi dan ide-ide baru agar kain songket tetap eksis di zaman modern seperti ini. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah data kualitatif data tersebut diambil melalui data primer dan sekunder kemudian dianalisis dengan cara deskriptif yaitu menggambarkan secara sistematik dan akurat fakta dan karakteristik mengenai objek penelitian atau bidang tertentu. Penelitian ini berusaha menggambarkan situasi atau kejadian, data yang dikumpulkan semata-mata bersifat deskriptif. Hasil penelitian yang diperoleh oleh peneliti pada Kerajinan Songket Fikri Palembang dapat disimpulkan bahwa strategi pemasaran yang digunakan yaitu strategi bauran pemasaran (marketing mix) yaitu 4P; Produk (Product), Harga (Price), Tempat (Place), dan Promosi (Promotion). Kerajinan Songket Fikri Palembang sejauh ini masih punya tempat di hati para pecinta kain tradisional, tidak hanya itu keunggulan dari kain songket fikri palembang adalah pelayanan yang baik, jujur, bahan baku yang berkualitas dan harga yang terjangkau untuk semua golongan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Depositing User: | perpus perpus perpus |
Date Deposited: | 23 Nov 2017 06:39 |
Last Modified: | 23 Nov 2017 06:39 |
URI: | http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/1500 |
Actions (login required)
View Item |