PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STRUCTURED NUMBERED HEADS (SNH) TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NURUL IMAN PALEMBANG.[SKRIPSI]

MAYANG SARI, LENA (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STRUCTURED NUMBERED HEADS (SNH) TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NURUL IMAN PALEMBANG.[SKRIPSI]. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
LENA MAYANG SARI (13210149).pdf

Download (6MB) | Preview
Official URL: http://perpustakaan.radenfatah.ac.id

Abstract

Latar belakang penelitian ini pada saat ini, masih banyak ditemui berbagai keluhan dari siswa mengenai pelajaran Pendidikan Agama Islam yang dinilai selama ini oleh mereka merupakan pelajaran yang sedikit membosankan hal ini dilihat dari sikap siswa yang kurang semangat dalam mengikuti proses pembelajaran berlangsung maka hasil belajar pun kurang memuaskan karena materi yang diajarkan guru hanya dengan menggunakan metode pembelajaran yang belum mengaktifkan seluruh siswa dalam arti masih menggunakan metode konvensional (ceramah).. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Structured Numbered Heads (SNH) Terhadap Hasil Belajar Pendidikan penelitian yang digunakan adalah True-Experimental Design. Populasi penelitian seluruh siswa kelas VII,VIII dan IX tahun pelajaran 2016-2017. Populasi penelitian ini berjumlah 9 kelas dan 2 kelas sebagai sampel yang telah dipilih secara acak yaitu, kelas VIII1 dan VIII2. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes untuk mengetahui hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa. Terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa kelompok kelas eksperimen dengan menggunakan model Structured Numbered Heads (SNH) dan hasil belajar siswa kelompok kelas kontrol tanpa menggunakan Structured Numbered Heads (SNH) mata pelajaran PAI materi Iman kepada kitab-kitab Allah SWT karena berdasarkan perbandingan nilai “t” yang diperoleh dalam perhitungan (yaitu t0 = 7,02) adalah lebih besar dari pada tt (baik pada taraf signifikasi 5% maupun pada taraf signifikasi 1%, berarti antara hasil belajar siswa kelompok eksperimen dan hasil belajar siswa kontrol terdapat perbedaan yang signifikan. Dengan demikian bahwa mengajar dengan menggunakan model Structured Numbered Heads (SNH) memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI materi iman kepada Allah SWT di SMP Nurul Iman Palembang. Terdapat beberapa bentuk desain penelitian eksperimen yang dapat digunakan dalam penelitian yaitu pre-experimental design, true experimental design, factorial design dan quasi experimental design. Dari beberapa bentuk desain eksperimen tersebut, maka peneliti memilih jenis penelitian true experimental design. Dari hasil perhitungan df atau db = (N1+N2-2) = 36+37-2= 71 (Konsultasi Tabel Nilai “t”). Ternyata dalam tabel tidak ditemui df sebesar 71; karena itu dipergunakan df yang terdekat, yaitu df 80, dengan df 80 diperoleh ttabel 5%= 1,99 dan 1%= 2,64. Maka H0 ditolak dan Ha diterima, yang menyatakan “Mengajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Structured Numbered Heads (SNH) memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa SMP Nurul Iman Palembang. Maka dapat disimpulkan bahwa Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Structured Numbered Heads (SNH) Pada Pelajaran PAI sangatlah berpengaruh bagi perkembangan hasil belajar peserta didik, serta mendorong siswa agar berperan aktif dalam menemukan sendiri ilmu pengetahuan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 04 Dec 2017 03:35
Last Modified: 04 Dec 2017 03:35
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/1514

Actions (login required)

View Item View Item