EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE PLANTED QUESTIONS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK MATERI IMAN KEPADA RASUL ALLAH KELAS VIII DI MTS ‘AISYIYAH PALEMBANG. (Skripsi)

Yanto Bangun, Jepri (2016) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE PLANTED QUESTIONS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK MATERI IMAN KEPADA RASUL ALLAH KELAS VIII DI MTS ‘AISYIYAH PALEMBANG. (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (82kB) | Preview

Abstract

Di era Globalisasi ini guru di tuntut untuk memiliki kreatifitas dan inovasi untuk menyesuaikan dengan perkembangan zaman agar belajar menjadi efektif dan efesien. Proses pembelajaran dengan menggunakan metode Planted Questions berjalan menyenangkan dan dapat menarik minat dan motivasi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penggunaan metode planted questions terhadap hasil belajar di MTs ‘Aisyiyah, juga untuk mengetahui apakah ada signifikansi antara penggunaan metode Planted Questions dengan hasil belajar. Jenis data dalam penelitian ini ialah, data kualitatif berupa profil dan data-data yang diperoleh dari sekolah, dan data kuantitatif adapun data kuantitatif dalam penelitian ini adalah data yang diperoleh dari angket dan tes. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari sumber data primer ialah data yang diperoleh dari sumber asli, seperti guru, kepala sekolah dan siswa dan sumber data sekunder ialah data yang diperolah secara tidak langsung, seperti buku, jurnal, majalah, adapun yang menjadi penelitian populasi dalam penelitian ini sebanyak 72 responden yaitu siswa MTs ‘Aisyiyah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini ialah, observasi, wawancara, Tes, Angket, dan metode dokumentasi. Untuk mendapatkan data, penulis menyebarkan angket tentang efektifitas penggunaan metode planted questions dan hasil belajar Untuk analisis data sendiri penulis menggunakan rumus korelasi product moment. Hasil dari penelitian yang penulis lakukan ini yaitu, Keefektifan penggunaan metode Planted Questions dapat dikategorikan sedang, terbukti dari 72 siswa yang menjadi responden terdapat 36 orang siswa atau 50% menyatakan sedang, dikategorikan sedang karena penggunaan metode Planted Questions dalam proses pembelajaran sudah mampu membantu guru dalam menyampaikan materi dan juga siswa untuk memahami dan mengamalkan materi yang telah diberikan oleh guru terutama mata pelajaran Akidah Akhlak materi beriman kepada Rasul Allah. Sedangkan responden yang menyatakan tinggi 25 orang siswa atau 35%, dan menyatakan rendah memiliki persentase 15% dengan jumlah siswa 11 orang siswa. Adapun hasil belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak materi Iman kepada Rasul Allah di MTs ‘Aisyiyah Palembang dalam kategori sedang. Hal ini dapat diketahui dari persentase hasil belajar siswa yang di ambil dari tes, yaitu dengan jumlah siswa 51 orang siswa persentase 71%. Penggunaan metode Planted Questions, memiliki hubungan yang signifikan dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak materi iman kepada Rasul Allah di MTs ‘Aisyiyah Palembang , dengan perhitungan hasil korelasi product momentnya sebesar 0,8160 jika dikonsultasikan dengan tabel distribusi t (t tabel) maka pada taraf signifikansi 5% adalah 0,235 dan pada taraf signifikansi 1% adalah 0,306, ini berarti hipotesis penelitian Ha diterima dan Ho ditolak, walaupun pada taraf signifikansi 1%, hitungnya lebih kecil. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan metode Planted Questions mempunyai hubungan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa di MTs ‘Aisyiyah Palembang.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: metode Planted Questions.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 15 Apr 2016 07:59
Last Modified: 15 Apr 2016 07:59
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/152

Actions (login required)

View Item View Item