PENDIDIKAN ANAK DALAM PERSPEKTIF ABDULLAH NASHIH ULWAN (TELAAH ATAS KITAB TARBIYATUL AULAD FIL ISLAM)

HARPANSYAH, HARPANSYAH (2017) PENDIDIKAN ANAK DALAM PERSPEKTIF ABDULLAH NASHIH ULWAN (TELAAH ATAS KITAB TARBIYATUL AULAD FIL ISLAM). Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
HARPANSYAH (11210065).pdf

Download (8MB) | Preview
Official URL: http://perpustakaan.radenfatah.ac.id

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah bahwa anak merupakan amanah Allah SWT kepada pendidik khususnya orang tua yang harus di didik menjadi manusia yang beriman dan beribadah kepada Nya. Dalam posisi ini, peran pendidik didukung kuat oleh metode pendidikan dalam menanamkan pendidikan terhadap anak. Permasalahan penelitian ini adalah metode apa saja yang dapat dipergunakan dalam pendidikan terhadap anak menurut Abdullah Nashih Ulwan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dipergunakan untuk menambah khazanah keilmuan, khususnya dalam metode pendidikan anak. Penelitian ini merupakan penelitian pustaka (library research), yaitu kajian literatur melalui riset kepustakaan dengan menggunakan data kualitatif, yaitu data informasi yang berbentuk kalimat verbal bukan berupa simbol angka atau bilangan. Adapun pendekatan yang digunakan adalah pendekatan filosofis pedagogis, pendekatan yang merupakan suatu analisis secara hati-hati mengenai penalaran-penalaran mengenai suatu masalah dan penyusunan secara sengaja dan sistematis atas suatu sudut pandang yang menjadi dasar suatu tindakan. Teknik pengumpulan data penulisannya melalui dokumentasi terhadap data primer maupun data sekunder. Data primer yang akan digunakan berupa kitab Tarbiyatul Aulad Fil Islam karya Abdullah Nashih Ulwan. Sedangkan sumber data sekunder berupa Hadits Tarbawi (Pendidikan dalam Perspektif Hadits), Pintar Mendidik Anak ala Rasulullah, Mendidik Anak Bersama Rasulullah. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis isi (content analisys), yaitu suatu teknik untuk menarik kesimpulan melalui usaha menemukan karakteristik pesan dan dilakukan secara obyektif dan sistematis. Data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis sehingga dapat ditarik kesimpulan yang diinginkan. Hasil penelitian ini menunjukkan: Pertama, menurut penjabaran Abdullah Nashih Ulwan dapat disimpulkan bahwa pendidikan Islami, antara lain: Metode pendidikan dengan keteladanan, metode pendidikan dengan adat kebiasaan, metode pendidikan dengan nasehat, metode pendidikan dengan perhatian (pengawasan), dan metode pendidikan dengan hukuman. Kedua, Materi tentang pendidikan anak meliputi: tanggung jawab pendidikan iman, tanggung jawab pendidikan akhlak, tanggung jawab pendidikan fisik, tanggung jawab pendidikan intelektual, tanggung jawab pendidikan mental/psikis, tanggung jawab pendidikan sosial, dan tanggung jawab pendidikan seks. Ketiga, Metode dan Materi yang disampaikan Abdullah Nashih Ulwan dinilai konsep pendidikan anak yang strategis dan mampu mengatasi problematika dalam pendidikan anak era modern ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 05 Dec 2017 01:29
Last Modified: 05 Dec 2017 01:29
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/1523

Actions (login required)

View Item View Item