PENERAPAN METODE DISCOVERY DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS VIII PELAJARAN AQIDAH AKHLAK MADRASAH TSANAWIYAH PARADIGMA PALEMBANG.[SKRIPSI]

WILLYATESI, WILLYATESI (2017) PENERAPAN METODE DISCOVERY DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS VIII PELAJARAN AQIDAH AKHLAK MADRASAH TSANAWIYAH PARADIGMA PALEMBANG.[SKRIPSI]. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
willyatesi 13210293 baru.pdf

Download (11MB) | Preview
Official URL: http://perpustakaan.radenfatah.ac.id

Abstract

Penerapan Metode Discovery dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Kelas VIII Pelajaran Aqidah Akhlak MTs Paradigma Palembang. Studi analisis penelitian, penulis melakukan penelitian ini disebabkan karena keingin tahuan peneliti bagaimana cara guru dalam meningkatkan aktivitas belajar seperti memusatkan perhatian selama proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: Bagaimana aktivitas belajar aqidah akhlak yang sebelum diterapkan metode Discovery dan bagaimana aktivitas belajar siswa setelah menerapkan metode Discovery. Serta adakah dampak dari penerapan Metode Discovery tersebut. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah siswa-siswi kelas VIII MTs Paradigma Palembang yang berjumlah 68 siswa. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII.C yang berjumlah 21 siswa di MTs Paradigma Palembang. Penulis memperoleh data dari berbagai penelitian yang berkaitan dengan pembahasan yang dibagi menjadi dua macam yaitu; data primer adalah data yang diperoleh dari siswa kelas VIII, guru di MTs Paradigma Palembang, dan data sekunder adalah data yang diperoleh melalui pengamatan (observasi), dokumentasi, serta literatur-literatur yang berkaitan dengan penelitian. Jenis data dalam penelitian ini berupa data deskriptif kuantitatif, adalah data yang diuraikan dalam bentuk angka-angka. Data diperoleh dengan observasi, tes dan dokumentasi. Terlebih dahulu data dikumpulkan, kemudian direkapitulasi, selanjutnya dianalisis dengan statistik yaitu dengan menggunakan rumus mean, standar deviasi, TSR dan persentase, serta uji “t”, test t. Hasil analisis data dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa; Aktivitas Belajar siswa sebelum diterapkan Metode Discovery adalah tergolong sedang, karena dari 21 responden terdapat 13 siswa (61,90%) yang tergolong sedang, yang tergolong kategori rendah sebanyak 5 siswa (23,81%) sedangkan yang tergolong tinggi sebanyak 3 siswa (14,29%). Dan setelah diterapkan metode Discovery yakni 21 responden, terdapat 5 responden yang tergolong tinggi atau 23,81%, sedangkan yang tergolong sedang itu sebanyak 10 responden (47,61%), dan yang tergolong rendah sebanyak 6 responden (28,58%). Ada peningkatan penerapan metode Discovery terhadap aktivitas belajar siswa kelas VIII pelajaran Aqidah Akhlak materi Iman Kepada Kitab-kitab Allah di MTs Paradigma Palembang. Hal ini terlihat dari hasil hipotesis “to” = 4,86 lebih besar dari tt (baik pada taraf signifikansi 5% = 2,09 dan 1% = 2,84), maka hipotesis nihil ditolak dan hipotesis alternatif diterima. Berarti aktivitas belajar siswa antara sebelum dan setelah diterapkannya metode pembelajaran yang aktif yakni metode discovery terdapat perbedaan yang signifikan. Mengajar dengan menggunakan metode Discovery dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dan memberikan pengaruh yang signifikan terhadap aktivitas belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs Paradigma Palembang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 21 Dec 2017 01:45
Last Modified: 21 Dec 2017 01:45
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/1576

Actions (login required)

View Item View Item