PENGARUH KETERAMPILAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU DI SMA NEGERI 1 TANJUNG BATU.[SKRIPSI]

SYUKRON HANIF, NIM. 12290062 (2017) PENGARUH KETERAMPILAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU DI SMA NEGERI 1 TANJUNG BATU.[SKRIPSI]. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
Syukron Hanif (12290062).pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://perpustakaan.radenfatah.ac.id

Abstract

Judul penelitian ini adalah “Pengaruh Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru” keterampilanSecara etimologis, istilah keterampilan berasal dari bahasa inggris yaitu skill yang artinya adalah kemahiran atau kecakapan. Secara terminologis keterampilan adalah kemampuan dalam melaksanakan tugas berdasarkan kompetensipekerjaan dan hasilnya dapat diamati sedangkan manajerial adalah hal-hal yang berhubungan dengan manejer, kinerja adalah hasil kerja yang secara kualitas dan kuantitas yang dicapai oleh seorang pegawai dalam melaksanakan tugasnya sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan kepadanya (guru). Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: Untuk mengetahui keterampilan manajerial kepala sekolah di SMA Negeri 1 Tanjung Batu, Untuk mengetahui kinerja guru di SMA Negeri 1 Tanjung Batu, Untuk mengetahui pengaruh keterampilan manajerial kepala sekolah terhadap kinerja guru di SMA Negeri 1 Tanjung Batu. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi dan sampel adalahguru di SMA Negeri 1 Tanjung Batuyang berjumlah 30 orang. Menurut metodologi, jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi dan metode angket. Teknik analisis yang digunakan adalah rumus persentase dan Product Moment. Dari analisis yang diperoleh yaitu: pertama bahwa keterampilan manajerial kepala sekolah dikatakan sedang, ini terlihat dari persentase jawaban angket dari responden yang penulis sebarkan yaitu kategori tinggi sebanyak 7 orang (24%), kategori sedang sebanyak 20 orang (66%), dan kategori rendah sebanyak3 orang (10%) dengan data sampel sebanyak 30 orang. Kedua kinerja guru dikatakan sedang, ini terlihat dari persentase jawaban angket dari responden yang penulis sebarkan yaitu kategori tinggi sebanyak 5 orang (17%), kategori sedang sebanyak 20 orang (67%), dan kategori rendah sebanyak 5 orang (16%) dengan data sampel sebanyak 30 orang. Ketiga hubunganpengaruh keterampilan manajerial kepala sekolah terhadap kinerja guru, didapatkan besarnya to yang diperoleh yaitu (0,058) ternyata lebih kecil jika dibandingkan dengan t tabel, baik pada taraf signifikansi 5% (0,362) maupun pada taraf signifikansi 1% (0,463). dapat di tarik kesimpulan korelasi positif antarapengaruh keterampilan manajerial kepala sekolah terhadap kinerja guru di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Tanjung Batu bukanlah merupakan korelasi positif yang meyakinkan. Karena tinggi rendahnya nilai tes pemahaman kode etik guru dengan kedisiplinan guru tidakada hubungan. Dengan demikian Hipotesis Nihilditerima atau disetujui. Sedangkan Hipotesis Alternatif-nya ditolak atau tidak disetujui.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 27 Dec 2017 04:54
Last Modified: 27 Dec 2017 04:54
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/1594

Actions (login required)

View Item View Item