NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM SURAT AL-AHZAB AYAT 21 PERSPEKTIF TAFSIR AL-MISHBAH KARYA MUHAMMAD QURAISH SHIHAB.[SKRIPSI]

Anica, NIM. 1321 0035 (2017) NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM SURAT AL-AHZAB AYAT 21 PERSPEKTIF TAFSIR AL-MISHBAH KARYA MUHAMMAD QURAISH SHIHAB.[SKRIPSI]. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
ANICA (13210035).pdf

Download (6MB) | Preview
Official URL: http://perpustakaan.radenfatah.ac.id

Abstract

Anica (NIM. 13210035). Nilai-nilai Pendidikan Karakter Dalam Surat al-Ahzab Ayat 21 Perspektif Tafsir al-Mishbah Karya Muhammad Quraish Shihab. Bangsa Indonesia mengalami dekadensi moral, oleh karena itu pemerintah mencanangkan program pendidikan karakter untuk mengantisipai krisis moral yang lebih serius. Pada pendidikan Islam, karakter merupakan salah satu bagian yang sangat diperhatikan dalam al-Qur’an. Mata pelajaran Pendidikan Agama Islam merupakan salah satu sarana pengembangan karakter. Oleh karena itu pengembangan pendidikan karakter yang sesuai dengan al-Qur’an mutlak dilakukan. Di dalam al-Qur’an ada begitu banyak nilai-nilai karakter yang dapat diacu dalam melaksanakan pendidikan Islam, yang mana nilai-nilai tersebut tentunya akan lebih relevan dan sejalan dengan tujuan pendidikan Islam. Surat al-ahzab ayat 21 memiliki kandungan nilai-nilai karakter yang patut untuk dikembangkan lebih lanjut, karena itu penelitian ini diharapkan dapat menggali nilai-nilai karakter yang ada di dalamnya. Penelitian ini bertujuan untuk; 1) mengetahui konsep nilai-nilai pendidikan karakter dalam surat al-Ahzab ayat 21 perspektif Tafsir al-Mishbah karya Muhammad Quraish Shihab; 2) mengetahui kontribusi konsep nilai-nilai pendidikan karakter dalam surat al-Ahzab ayat 21 perspektif Tafsir al-Mishbah karya Muhammad Quraish Shihab. Penelitian ini menggunakan Metode Riset Perpustakaan (library research) dengan Teknik Analisis Deskriptif Kualitatif. Sebagai data primer diambil dari al-Qur’an, kitab Tafsir al-Mishbah Pesan, Kesan dan Keserasian al-Qur’an karya Muhammad Quraish Shihab. Data skunder sebagai bahan pendukung pembahasan skripsi ini yaitu literatur tentang ilmu pendidikan yang berkaitan dengan metode kisah atau cerita. Data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan deskriptif analitis, yaitu menggambarkan wujud data secara apa adanya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam surat al-Ahzab ayat 21 meliputi: siddiq merupakan sebuah kenyataan yang benar yang tercermin dalam perkataan, perbuatan atau tindakan, dan keadaan yang ada pada diri Rasul SAW, amanah adalah sebuah kepercayaan yang harus diemban dalam mewujudkan sesuatu yang dilakukan dengan penah komitmen, kompeten, kerja keras, dan konsisten, fhatanah adalah sebuah kecerdasan, kemahiran, atau penguasaan bidang tertentu yang mencakup kecerdasan intelektual, emosional, dan spiritual, dan tabligh adalah sebuah upaya merealisasikan pesan atau misi tertentu yang dilakukan dengan pendekatan atau metode tertentu. Dari keempat nilai pendidikan karakter ini dapat memberikan kontribusi terhadap pengembangan pembelajaran pendidikan Agama Islam. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para mahasiswa, para tenaga pengajar, para peneliti, dan semua pihak yang membutuhkan di lingkungan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 29 Dec 2017 08:43
Last Modified: 29 Dec 2017 08:43
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/1601

Actions (login required)

View Item View Item