HUBUNGAN KOMPETENSI SOSIAL GURU TERHADAP MOTIVASI EKSTRINSIK SISWA DI MTS AL-ITTIFAQIAH INDRALAYA OGAN ILIR. (Skripsi)

Ariansyah, Budi (2016) HUBUNGAN KOMPETENSI SOSIAL GURU TERHADAP MOTIVASI EKSTRINSIK SISWA DI MTS AL-ITTIFAQIAH INDRALAYA OGAN ILIR. (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (103kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi siswa Madrasah Tsanawiah Al-Ittifaqiah Indralaya yang ditunjukkan pada observasi awal penulis di madrasah tersebut yaitu ada beberapa siswa yang tidak serius dalam mengikuti proses pembelajaran bahkan ada beberapa siswa yang terlihat mengantuk da nada juga yang keluar masuk kelas. Sedangkan kompetensi guru di MTs Al-Ittifaqiah belum terpenuhi kriteria seperti yang tertuang dalam Undang-Undang Guru dan Dosen tahun 2005 yang ditunjukkan dengan metode yang digunakan hanya metode ceramah, drill dan Tanya jawab sehingga kondisi kelas kurang kondusif. Atas dasar itulah penulis ingin meneliti yang diberi judul : Hubungan Kompetensi Sosial Guru terhadap Motivasi Ekstrinsik Siswa di MTs Al-Ittifaqiah Indralaya Ogan Ilir. Kemudian tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kompetensi sosial guru di MTs Al-Ittifaqiah Indralaya Ogan Ilir dan untuk mengetahui bagaimana motivasi ekstrinsik siswa di MTs Al-Ittifaqiah Indralaya Ogan Ilir serta untuk mengetahui adakah hubungan kompetensi sosial guru terhadap motivasi ekstrinsik siswa di MTs Al-Ittifaqiah Indralaya Ogan Ilir. Jenis penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif yang berupa angka-angka yang di peroleh dari skor angket dan direalisasikan dalam bentuk tabel, sedangkan dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah guru yang mengajar di kelas VII Tsanawiyah yang berjumlah 14 guru dan santiwan (siswa laki-laki) kelas VII di MTs Al-Ittifaqiah yang berjumlah 250 siswa. Sedangkan sampel dari penelitian ini adalah 15% dari populasi yaitu sebanyak 40 siswa. Sumber data dalam penelitian ini ada dua yaitu data primer dan data skunder. Sumber data primer dalam penelitian ini yaitu guru dan siswa kelas VII di MTs Al-Ittifaqiah Indralaya Ogan Ilir, sedangkan sumber data skunder adalah data penunjang yang dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah dan semua aspek yang menunjang penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus TSR, Presentase dan korelasi product moment. Kesimpulan dari penelitian ini menjelaskan pertama, kompetensi sosial guru di MTs Al-Ittifaqiah Indralaya Ogan Ilir tergolong sedang, sebanyak 24 orang (60%). Kedua, motivasi ekstrinsik siswa di MTs Al-Ittifaqiah Indralaya Ogan Ilir berada dalam kategori sedang 27 orang (67,5%). Ketiga, kompetensi sosial guru tidak mempunyai hubungan yang sangat signifikan dengan motivasi ekstrinsik siswa karena berdasarkan perbandingan nilai “r” yang terdapat pada nilai “phi” adalah lebih keci dari pada “r” tabel, baik pada taraf signifikansi 5% maupun pada taraf signifikansi 1% (0,304>0,223<0,393). Dengan demikian dapat dikatakan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara kompetensi sosial guru terhadap motivasi ekstrinsik siswa di MTs Al-Ittifaqiah Indralaya Ogan Ilir.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: kompetensi sosial, motivasi ekstrinsik, TSR, korelasi product moment.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 15 Apr 2016 07:55
Last Modified: 15 Apr 2016 07:55
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/161

Actions (login required)

View Item View Item