Agustianty, Sri (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 4-E DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 33 GUNUNG MEGANG. (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.
|
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (285kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II LANDASAN TEORI.pdf Download (200kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III DESKRIPSI LOKASI PENELITIAN.pdf Download (145kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (252kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (108kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berjudul “penerapan model pembelajaran Learning Cycle 4-E dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas IV Sekolah Dasar Negeri 33 Gunung Megang” dan Permasalahan penelitian ini adalah bagaimana penerapan model pembelajaran Learning Cycle 4-E pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas IV Sekolah Dasar Negeri 33 Gunung Megang dan apakah ada peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas IV terhadap pengaruh penerapan model pembelajaran Learning Cycle 4-E pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas IV Sekolah Dasar Negeri 33 Gunung Megang Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Learning Cycle 4-E pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas IV Sekolah Dasar Negeri 33 Gunung Megang dan untuk mengetahui ada peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas IV terhadap pengaruh penerapan model pembelajaran Learning Cycle 4-E pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas IV Sekolah Dasar Negeri 33 Gunung Megang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa Sekolah Dasar Negeri 33 Gunung Megang yang berjumlah 328 siswa dan sampel penelitian ini kelas IV Sekolah Dasar Negeri 33 Gunung Megang yang berjumlah 66 siswa. Jenis data yang digunakan dalam penelitian yaitu data kuantitatif dan kualitatif. Kuantitatif adalah data yang menunjukkan angka-angka, data tersebut terhubung dengan jumlah siswa dan dokumentasi yang berkaitan dengan soal penelitian meliputi tentang penerapan model pembelajaran Learning Cycle 4-E dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Sedangkan data kualitatif meliputi tentang penjelasan model pembelajaran Learning Cycle 4-E dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Sumber data dari penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data sekunder yaitu data yang bersumber dari responden yaitu siswa dan data sekunder yaitu data penunjang diperoleh dari dokumentasi sekolah dan bahan-bahan perpustakaan yang berkenaan dengan pembahasan. Alat pengumpulan data penulis menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dikumpulkan, direkapitulasi kemudian dianalisis dengan statistic yaitu mean, standar deviasi, TSR dan rumus uji “T”. Setelah dilakukan penganalisaan data maka dapat diketahui bahwa hasil penelitian tentang model pembelajaran Learning Cycle 4-E dalam meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan rumus “uji T” yaitu tinggi 12% = 4 siswa, sedang 74% = 24 siswa dan rendah 15% = 5 siswa sedangkan berdasarkan perbandingan nilai “t” yang terdapat pada to adalah lebih besar dari pada “t” table, baik pada taraf signifikan 5% maupun pada taraf 1% (2,00<4,896>2,65). Jadi berdasarkan analisa ini dapat diketahui bahwa mengajar dengan menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 4-E memberikan pengaruh signifikan terhadap hasil belajar pada mata pelajaran pendidikan agama islam materi Nabi Adam a.s dan Nabi Muhammad Saw di Sekolah Dasar Negeri 33 Gunung Megang.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | learning cycle 4-E, standar deviasi, TSR. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | perpus perpus perpus |
Date Deposited: | 15 Apr 2016 07:55 |
Last Modified: | 15 Apr 2016 07:55 |
URI: | http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/162 |
Actions (login required)
View Item |