EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA POSTER DALAM MENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN IPA DI MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL HUDA TEBEDAK II. (Skripsi)

Jam'an, Kamal (2016) EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA POSTER DALAM MENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN IPA DI MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL HUDA TEBEDAK II. (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
Kamal Jam'an_TarPGMI.pdf

Download (497kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Efektifitas Penggunaan Media Poster dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa kelas IV Pada Mata Pelajaran IPA di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Tebedak II. Alasan peneliti ingin membahas masalah ini karena peneliti ingin mengetahui efektifitas penggunaan media poster dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPA di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Tebedak II. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah ada perbedaan minat belajar siswa kelas IV sebelum dan sesudah menggunakan media poster pada mata pelajaran IPA di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Tebedak II ?, Apakah efektif penggunaan media poster pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Tebedak II ?. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas penggunaan media poster dalam meningkatan minat belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPA di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Tebedak II. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Sampel terdiri dari guru yang berjumlah 1 orang dan siswa yang berjumlah 23 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah, observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisa data yang digunakan adalah perhitungan TSR dan analisa uji test ”t”. Dari analisis tersebut maka diperoleh kesimpulan yaitu: pertama, Dari analisis minat belajar siswa kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Tebedak II antara minat belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan media poster secara signifikan ada perubahan atau perbedaan. Hal ini dapat dilihat pada hasil perhitungan TSR sebelum dan sesudah menggunakan media poster. Kedua, Penggunaan media poster secara meyakinkan (signifikan) dapat dikatakan efektif dalam meningkatkan minat belajar IPA siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Tebedak II, hal tersebut dapat dilihat pada hasil uji hipotesis dengan perhitungan uji t yaitu: Dengan membandingkan besarnya “t” yang diperoleh dalam perhitungan (to = 12,038) dan besarnya “t” yang tercantum pada Tabel Nilai t (ttts5% = 2, 07 dan ttts1% = 2,82) maka dapat diketahui bahwa to adalah lebih besar daripada tt yaitu 2,07<12,038>2,82. Dari perhitungan di atas di dapat t_o>t_t sehingga Ha di terima dan Ho ditolak. Maka hipotesis penelitian menyatakan bahwa Penggunaan media poster dapat meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Tebedak II pada materi dampak pengambilan bahan alam tanpa usaha pelestarian.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: TSR, Efektifitas Penggunaan Media Poster, meningkatkan minat belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 15 Apr 2016 07:49
Last Modified: 15 Apr 2016 07:49
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/176

Actions (login required)

View Item View Item