UPAYA MENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE MAKE A MATCH (MENCARI PASANGAN) MATERI PENGUKURAN WAKTU PADA SISWA KELAS III MI DAARUL AITAM PALEMBANG.(Skripsi)

Hidayati, Hidayati (2016) UPAYA MENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE MAKE A MATCH (MENCARI PASANGAN) MATERI PENGUKURAN WAKTU PADA SISWA KELAS III MI DAARUL AITAM PALEMBANG.(Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (142kB) | Preview

Abstract

Penelitian tindakan kelas berjudul “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika melalui Metode Make A Match (Mencari Pasangan) Materi Pengukuran Waktu pada Siswa Kelas III MI Daarul Aitam Palembang. Penelitian ini mengambil lokasi di MI Daarul Aitam Palembang kelas III a yang berjumlah 45 orang siswa pada mata pelajaran matematika. Adapun tujuan dalam penelitian ini penulis mencoba meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IIIa MI Daarul Aitam Palembang dengan penerapan metode make a match. Make a match adalah teknik dimana siswa mencari pasangan sendiri sambil belajar mengenai suatu konsep atau topik dalam suasana yang menyenangkan. Selain dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa, penerapan metode pembelajaran kooperatif teknik metode pembelajaran kooperatif metode Make a Match (mencari pasangan) ini juga dapat mempersempit rentang nilai antara yang baik dengan yang buruk, sehingga nilai siswa di kelas menjadi homogen. Untuk mendapatkan data yang diperlukan, penulis menggunakan metode pengumpulan dat yaitu: Pertama, tes yang digunakan untuk mendapatkan data tentang hasil belajar siswa. Kedua, Observasi yaitu data yang diperoleh dengan melihat pelaksanaan pembelajaran matematika di kelas III Khususnya kelas IIIa MI Daarul Aitam Palembang. Ketiga, Dokumentasi, yaitu data yang diperoleh dari dokumen-dokumen yang ada, yang mempunyai relevansi dengan tujuan penelitian. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilaksanakan menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dari pra siklus ke siklus I, dari siklus I ke siklus II. Pada Pra Siklus, rata-rata hasil belajar siswa sebesar 48,60 dan ketuntasan belajar siswa sebanyak 37,78%, sedangkan pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa sebesar 73,78 dan ketuntasan belajar sebesar 73,33%. Dan pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa sebesar 86 dn ketuntatasan belajar sebesar 93,3%. Dari hasil penelitian ini didapatkan suatu kesimpulan yaitu penerapan metode make a match dapan meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IIIa Materi pengukuran waktu di MI Daarul Aitam Palembang.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Metode Make A Match, Observasi, Dokumentasi
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 15 Apr 2016 07:40
Last Modified: 15 Apr 2016 07:40
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/186

Actions (login required)

View Item View Item