PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIS MATERI TAUHID RUBUBIYYAH DAN TAUHID ULUHIYYAH DI MTs NEGERI 1 PALEMBANG.(Skripsi)

Saiman, Saiman (2016) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIS MATERI TAUHID RUBUBIYYAH DAN TAUHID ULUHIYYAH DI MTs NEGERI 1 PALEMBANG.(Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (338kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (102kB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan proses belajar mengajar di MTs Negeri 1 Palembang pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis hanya menggunakan Metode ceramah dan hafalan yang mengakibatkan hasil belajar siswa masih tergolong rendah serta terlihat tidak terlalu aktif dan lebih sering bermain di kelas saat pembelajaran berlangsung. Melalui hasil penerapan ini bahwa Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) dapat meningkatkan keinginan siswa untuk bersemangat dalam belajar, melatih kemampuan berpikir kritis dan kreatif serta mampu menumbuhkembangkan ide-ide baru dalam diri masing-masing siswa. Tujuan dalam penelitian ini, penulis ingin mengetahui hasil belajar siswa kelas kontrol yang tidak diterapkan Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis kelas VII materi Tauhid Rububiyyah Dan Tauhid Uluhiyyah di MTs Negeri 1 Palembang, hasil belajar siswa kelas eksperimen yang diterapkan Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis kelas VII materi Tauhid Rububiyyah dan Tauhid Uluhiyyah di MTs Negeri 1 Palembang, dan perbedaan antara hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis kelas VII materi Tauhid Rububiyyah Dan Tauhid Uluhiyyah di MTs Negeri 1 Palembang. Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif yaitu penuturan pemecahan masalah berdasarkan data yang berupa angka. Dari segi metode yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan metode ini dalam pemecahan masalahmya adalah dengan cara mengungkapkan hubungan sebab akibat dua variabel atau lebih melalui percobaan yang cermat. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan teknik analisis statistik dengan menggunakan rumus uji “t”. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu sebagai berikut, dari hasil penelitian yang telah dilakukan di MTs Negeri 1 Palembang mata pelajaran Al-Qur’an Hadis maka bisa disimpulkan, bahwasannya penerapan Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) pada materi Tauhid Rububiyyah Dan Tauhid Uluhiyyah berpengaruh pada kelas eksperimen serta terdapat perbedaan hasil belajar siswa, terlihat secara signifikan lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar siswa tanpa menggunakan Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB), yakni : tt t.s 5 % < to > tt t.s 1 %, atau 2,00 < 7,491 > 2,65, ini berarti hipotesis Alternatif baik dilihat dari ditolaknya hipotesis nihil yang diajukan. Dengan demikian hal ini sesuai dengan hasil dari peneliti lakukan dan sudah di uji dengan uji “t”, dan ini juga terbukti dengan adanya kelas kontrol, yang mana kelas kontrol ini sebagai pembanding.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Metode ceramah dan hafalan, Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB), kelas eksperimen
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 15 Apr 2016 07:39
Last Modified: 15 Apr 2016 07:39
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/187

Actions (login required)

View Item View Item