Oktarina, Rani (2016) PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SMP PGRI 11 PALEMBANG.(Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.
|
Text
BAB I.pdf Download (135kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (189kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III .pdf Download (173kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (92kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas VII di SMP PGRI 11 Palembang melalui pendekatan pembelajaran konstruktivisme. Berdasarkan observasi dan wawancara, peneliti melihat dan menemukan gejala bahwa proses pembelajaran matematika di SMP PGRI 11 Palembang masih cenderung berpusat pada guru dan siswa hanya sebagai objek didik, sehingga siswa menjadi pasif dan tidak berani untuk memberikan pendapat atau bertanya. permasalahan ini bisa disebabkan dari metode guru yang masih menerapkan metode konvensional dan pendekatan yang berpusat pada guru. Pada penerapan metode konvensional, siswa hanya mendengar dan mendapat informasi yang disampaikan oleh guru. Untuk menyelesaikan permasalahan diatas, peneliti menggunakan pendekatan pembelajaran konstruktivisme. Konstruktivisme adalah pendekatan pembelajaran yang cocok digunakan di sekolah, karena pada penerapan pendekatan pembelajaran konstruktivisme siswa dapat membentuk pengetahuan sendiri melalui pengalaman-pengalaman belajar yang sudah ada sehingga terjadi proses pembelajaran yang bermakna. Populasi tahun pelajaran 2015/2016 siswa kelas VII berjumlah 254 siswa Sampel terdiri dari 102 siswa yang dipilih secara acak dari keseluruhan populasi. Siswa dibagi menjadi dua kelompok kelompok pertama (kelompok eksperimen) diajarkan dengan penerapan pendekatan pembelajaran konstruktivisme sedangkan kelompok kedua (kelompok kontrol) diajarkan dengan metode konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes. Data dianalisis dengan menggunakan t-test yaitu didapat thitung 4,02 dan ttabel 1,98 (α=0,05), hasil analisis menunjukkan bahwa nilai dari thitung dan ttabel adalah (4,02 > 1,98; α=0,05). Berdasarkan hasil analisis diatas, dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan pembelajaran konstruktivisme mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP PGRI 11 Palembang.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Konstruktivisme, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | perpus perpus perpus |
Date Deposited: | 15 Apr 2016 07:39 |
Last Modified: | 15 Apr 2016 07:39 |
URI: | http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/188 |
Actions (login required)
View Item |