PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SMP PGRI 11 PALEMBANG.(Skripsi)

Oktarina, Rani (2016) PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SMP PGRI 11 PALEMBANG.(Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III .pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (92kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas VII di SMP PGRI 11 Palembang melalui pendekatan pembelajaran konstruktivisme. Berdasarkan observasi dan wawancara, peneliti melihat dan menemukan gejala bahwa proses pembelajaran matematika di SMP PGRI 11 Palembang masih cenderung berpusat pada guru dan siswa hanya sebagai objek didik, sehingga siswa menjadi pasif dan tidak berani untuk memberikan pendapat atau bertanya. permasalahan ini bisa disebabkan dari metode guru yang masih menerapkan metode konvensional dan pendekatan yang berpusat pada guru. Pada penerapan metode konvensional, siswa hanya mendengar dan mendapat informasi yang disampaikan oleh guru. Untuk menyelesaikan permasalahan diatas, peneliti menggunakan pendekatan pembelajaran konstruktivisme. Konstruktivisme adalah pendekatan pembelajaran yang cocok digunakan di sekolah, karena pada penerapan pendekatan pembelajaran konstruktivisme siswa dapat membentuk pengetahuan sendiri melalui pengalaman-pengalaman belajar yang sudah ada sehingga terjadi proses pembelajaran yang bermakna. Populasi tahun pelajaran 2015/2016 siswa kelas VII berjumlah 254 siswa Sampel terdiri dari 102 siswa yang dipilih secara acak dari keseluruhan populasi. Siswa dibagi menjadi dua kelompok kelompok pertama (kelompok eksperimen) diajarkan dengan penerapan pendekatan pembelajaran konstruktivisme sedangkan kelompok kedua (kelompok kontrol) diajarkan dengan metode konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes. Data dianalisis dengan menggunakan t-test yaitu didapat thitung 4,02 dan ttabel 1,98 (α=0,05), hasil analisis menunjukkan bahwa nilai dari thitung dan ttabel adalah (4,02 > 1,98; α=0,05). Berdasarkan hasil analisis diatas, dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan pembelajaran konstruktivisme mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP PGRI 11 Palembang.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Konstruktivisme, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 15 Apr 2016 07:39
Last Modified: 15 Apr 2016 07:39
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/188

Actions (login required)

View Item View Item