PENERAPAN METODE THE LEARNING CELL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI ASMAUL HUSNA KELAS X DI SMA ’AISYIYAH 1 PALEMBANG.(Skripsi)

Septika, Nina (2016) PENERAPAN METODE THE LEARNING CELL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI ASMAUL HUSNA KELAS X DI SMA ’AISYIYAH 1 PALEMBANG.(Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (103kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Penerapan Metode The Learning Cell dan pengaruhnya terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Al-Islam Materi Asmaul Husna Kelas X di SMA ’Aisyiyah 1 Palembang. Dilatar belakangi oleh hasil belajar siswa masih banyak yang belum mencapai keriteria ketuntasan minimal yang telah ditetapkan. Oleh karena itu, dalam proses pembelajaran khususnya Al-Islam, perlu adanya metode yang tepat dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Rumusan Masalah “Bagaimana penerapan metode The Learning Cell pada mata pelajaran Al-Islam materi Asmaul Husna di SMA ‘Aisyiyah 1 Palembang ?Apakah Penerapan metode The Learning Cell pada mata pelajaran Al-Islam materi Asmaul Husna memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa di SMA ‘Aisyiyah 1 Palembang? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Islam materi Asmaul Husna kelas X di SMA ‘Aisyiyah 1 Palembang. Untuk mengetahui apakah penerapan metode The Learning Cell dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Islam materi Asmaul Husna kelas X di SMA ‘Aisyiyah 1 Palembang Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dan teknik pengumpulan data diperoleh dari data primer yaitu data yang bersumber dari responden yaitu siswa, dan data skunder yaitu data penunjang yang diperoleh dari dokumentasi dari sekolah. Adapun sampling dalam penelitian ini sebanyak 74 orang, 37 siswa kelas eksperimen dan 37 kelas kontrol. untuk mendapatkan data, penulis melakukan eksperimen pada kelas eksperimen dengan memberikan tes. untuk analisis data sendiri penulis menggunakan rumus uji test “t”. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa sebelum menggunakan metode The Learning Cell dapat dikatagorikan “sedang” siswa memperoleh sekor tertinggi 12 orang (32%), sekor sedang sebayak 15 orang (41%) dan yang rendah 10 (27%). Hasil belajar siswa setelah menerapkan metode The Learning Cell dapat dikatakan sedang siswa memperoleh sekor tertinggi 12 orang (32%), sekor sedang sebayak 15 orang (41%) dan yang rendah 10 (27%). Ada pengaruh signifikan antara penggunaan metode The Learning Cell pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam sangat mempengaruhi meningkatnya hasil belajar siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA ‘Aisyiyah 1 Palembang (tt 5% < t0 1%)1,99<6,978>2,64. Kesimpulan terhadap pengaruh yang signifikan antara hasil belajar siswa kelas X.3 yang tidak menggunakan metode The Learning Cell dan kelas X.2 yang menggunakan metode The Learning Cell pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA’Aisyiyah 1 Palembang.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: metode The Learning Cell, Asmaul Husna, hasil belajar siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 15 Apr 2016 07:35
Last Modified: 15 Apr 2016 07:35
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/198

Actions (login required)

View Item View Item