STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MANAJEMEN KONFLIK DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA MUHAMMADIYAH 10 PALEMBANG.(Skripsi)

Salendra, Joniper (2016) STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MANAJEMEN KONFLIK DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA MUHAMMADIYAH 10 PALEMBANG.(Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (84kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertitik tolak dari pemikiran bahwa strategi kepala sekolah dalam manajemen konflik merupakan langkah dalam peningkatan manajemen sekolah, yang mana salah satu komponen terpenting yang harus diperhatikan dalam lingkungan sekolah adalah manajemen konflik, konflik dalam lingkungan sekolah terdiri dari konflik dalam diri individu, konflik antar individu, konflik antar individu dengan kelompok, konflik antar kelompok, dan konflik antar organisasi. Oleh karena itu kepala sekolah mempunyai tugas yang sangat berat yaitu memanajemen konflik, sehingga kepala sekolah harus menyusun strategi dalam mengatasi konflik, dengan terkelolanya konflik dengan baik akan berdampak positif dalam kelangsungan proses pendidikan dan pencapaian tujuan pendidikan. Adapun masalah yang diteliti penulis yaitu: apa saja penyebab konflik di SMP Muahmmadiyah 10 Palembang?, bagaimana strategi kepala sekolah dalam manajemen konflik di SMP Muhammadiyah 10 Palembang?, dan faktor apa saja yang mempengaruhi strategi kepala sekolah dalam manangani konflik di SMP Muhammadiyah 10 Palembang?, sedangkan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab konflik di SMP Muhammadiyah 10 Palembang, mengetahui strategi kepala sekolah dalam manajemen konflik di SMP Muhammadiyah 10 palembang, dan faktor apa saja yang mempengaruhi strategi kepala sekolah dalam manajemen konflik di SMP Muhammadiyah 10 Palembang, adapun informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dan siswa SMP Muhammadiyah 10 palembang. Dalam penelitian ini data yang dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan untuk analisa dan teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisa kualitatif. Hasil penelitian ini adalah : pertama, penyebab konflik di SMP Muhammadiyah 10 Palembang yaitu, adanya komunikasi yang tidak efektif, struktur oragnisasi dimana ada salah satu guru yang merangkap jabatan, faktor individual/ personal, serta kondisi emosi. Kedua, strategi kepala sekolah dalam manajemen konflik yaitu, menggunakan strategi sama-sama merugi, kalah menang, dan strategi menang-menang atau win-win solution. Ketiga, faktor yang mempengaruhi strategi kepala sekolah dalam manajemen konflik yaitu, faktor kepribadian individu yang terlibat konflik, faktor situasional, faktor interaksi, dan isu konflik.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: manajemen konflik, strategi sama-sama merugi, analisa kualitatif.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 15 Apr 2016 07:33
Last Modified: 15 Apr 2016 07:33
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/204

Actions (login required)

View Item View Item