PENERAPAN METODE (THARIQOH) GABUNGAN DALAM MENINGKATKAN HAFALAN JUZ 30 SANTRI PONDOK PESANTREN YAMBU’UL QUR’AN DESA SUMBER REZEKI KECAMATAN SUNGAI LILIN KABUPATEN MUSI BANYUASIN. (Skripsi)

Sumantri, Tri (2016) PENERAPAN METODE (THARIQOH) GABUNGAN DALAM MENINGKATKAN HAFALAN JUZ 30 SANTRI PONDOK PESANTREN YAMBU’UL QUR’AN DESA SUMBER REZEKI KECAMATAN SUNGAI LILIN KABUPATEN MUSI BANYUASIN. (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (114kB) | Preview

Abstract

Metode (thariqoh) gabungan ialah metode yang menggabungkan antara dua metode, yakni metode Wahdah dan metode kitabah hanya saja kitabah (menulis) lebih memiliki fungsional sebagai uji coba terhadap ayat-ayat yang dihafalkannya. dengan demikian metode ini bertujuan agar mempermudah menghafal, yaitu dengan menggunakan mertode yang cocok bagi p[enghafal salah satunya adalah metode (Thariqoh) Gabungan. Adapun rumusan masalahnya dalam sekripsi ini adalah Bagaimana Hafalan Juz 30 Santri Sebelum diterapkanya Metode (Thariqoh) Gabungan Di Pondok Pesantren Yambu’ul Qur’an Desa Sumber Rezeki Kecamatan Sungai Lilin Kabupaten Musi Banyuasin. Bagaimana Hafalan Juz 30 Santri Sesudah diterapkanya Metode (Thariqoh) Gabungan Di Pondok Pesantren Yambu’ul Qur’an Desa Sumber Rezeki Kecamatan Sungai Lilin Kabupaten Musi Banyuasin. Apakah ada perbedaan peningkatan hafalan juz 30 antara menerapkan dan tidak menerapkan Metode (Thariqoh) Gabungan Di Pondok Pesantren Yambu’ul Qur’an Desa Sumber Rezeki Kecamatan Sungai Lilin Kabupaten Musi Banyuasin. Penelitian pada skripsi ini menggunakan metodologi pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes.sampel dari penelitian ini yaitu kelas putri sebagai kelas ekperimen yaitu berjumlah 25 santri dan dan kelas putra sebagai kelas kontrol yang berjumlah 25 santri jenis penelitian ini adalah Quasi Experimental Design yaitu Nonequivalent Control Group Design.data diperoleh dari pre-test dan post-test kelas eksperimen dan kelas control. Untuk menjawab rumusan masalah maka teknis analisis data yang digunakan uji “T” yang mana jika (thitung>ttabel) Ha diterima maka ada pengaruh yang signifikan dan jika (thitung<ttabel) H0 ditolak maka tidak ada pengaruh yang signifikan. Uji ”T” dapat dilihat dari hasil pre-test dan post-test santri kelas ekperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa metode (Thariqoh) gabungan dilihat dari hasil uji t, di peroleh t_hitung= 5,347 dan t_tabel= 2,02 dengan dk 48 dan α 0,05, sehingga didapat t_hitung > t_tabel (5,347 > 2,02), berdasarkan kriteria pengujian uji t dapat disimpulkan bahwa metode Thariqoh (Gabungan) memberikan perubahan yang signifikan terhadap hasil hafalan santri Pondok Pesantren yambu’ul Qur’an Desa Sumber Rezeki Kecamatan Sungai Lilin Kabupaten Musi Banyuasin.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Metode (thariqoh), metode Wahdah, metode kitabah.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 15 Apr 2016 07:28
Last Modified: 15 Apr 2016 07:28
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/212

Actions (login required)

View Item View Item