WIWIN SURYATI, 12221110 (2017) PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SMP NURUL IMAN PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
Text
WIWIN SURYATI (12221110).pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh pendekatan pembelajaran konstruktivisme terhadap kemterampilan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran matematika di SMP Nurul Iman Palembang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian yang digunakan adalah True Exprimental Design dengan kategori posttest-only control design, populasi yang digunakan adalah seluruh siswa kelas VIII yang ada di SMP Nurul Iman Palembang tahun ajaran 2016/2017 yang terdiri dari empat kelas dengan jumlah siswa 159 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Dari Sembilan kelas populasi diambil dua kelas yang dijadikan sampel yaitu kelas VIII.4 dengan jumlah siswa sebanyak 40 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.3 dengan jumlah siswa sebanyak 40 orang sebagai kelas kontrol. Penelitian ini dilaksanakan selama empat kali pertemuan dikelas eksperimen dan kelas kontrol. Dikelas eksperimen diberi perlakuan dengan pendekatan pembelajaran konstruktivisme dan dikelas kontrol tidak mendapat perlakuan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa tes. Data yang diperoleh dari hasil tes digunakan untuk menguji hipotesis penelitian dengan menggunakan uji-t. Dari hasil analisis diperoleh t hitung = 6,85 dan dengan α = 0,05 diperoleh t tabel = 1,6619 yang berarti t hitung > t tabel yaitu 6,85 > 1,6619 . maka dengan demikian pengujian hipotesis tersebut
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | perpus perpus perpus |
Date Deposited: | 28 Aug 2018 03:28 |
Last Modified: | 28 Aug 2018 03:28 |
URI: | http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/2121 |
Actions (login required)
View Item |