PENGARUH PENERAPAN GRAMMAR AND TRANSLATION METHOD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL-ITTIFAQIAH INDRALAYA

WELIYANI, 13270139 (2017) PENGARUH PENERAPAN GRAMMAR AND TRANSLATION METHOD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL-ITTIFAQIAH INDRALAYA. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
WELIYANI (13270139) PGMI.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.ac.id

Abstract

Penelitian ini berjudul tentang Pengaruh Penerapan Grammar and Translation Method terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV pada Mata Pelajaran Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah Al-Ittifaqiah Indralaya. Penelitian ini membahas (1) Bagaimana penerapan grammar and translation method pada mata pelajaran Bahasa Arab siswa kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Al-Ittifaqiah Indralaya? (2) Bagaimana hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diterapkan grammar and translation method pada mata pelajaran Bahasa Arab di MI Al-Ittifaqiah Indralaya? (3) Bagaimana pengaruh penerapan grammar and translation method pada mata pelajaran Bahasa Arab siswa kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Al-Ittifaqiah Indralaya? Dan tujuan dalam penelitian ini (1) Untuk mengetahui bagaimana penerapan grammar and translation method pada mata pelajaran Bahasa Arab siswa kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Al-Ittifaqiah Indralaya. (2) Untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diterapkan grammar and translation method pada mata pelajaran Bahasa Arab di MI Al-Ittifaqiah Indralaya. (3) Untuk mengetahui bagaimana pengaruh penerapan grammar and translation method pada mata pelajaran Bahasa Arab siswa kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Al-Ittifaqiah Indralaya. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen yang mengacu pada model desain penelitian pre eksperiment yaitu one group pretest-posttest design. Adapun populasi dan sampelnya adalah siswa kelas IV berjumlah 80 siswa, dengan sampel 21 siswa kelas IVA, menurut Sugiyono (2010:118) teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini mengacu pada teknik sample random sampling. Alat pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Hasil belajar siswa yang menggunakan grammar and translation method adalah baik. Berdasarkan analisis data dengan hasil uji hipotesis dengan menggunakan perhitungan uji t yaitu: ( = ) dan besarnya “t” yang tercantum pada Tabel Nilai t ( = 2,09 dan = 2,84) maka dapat kita ketahui bahwa adalah lebih besar daripada ; yaitu: 2,09< >2,84. Ha diterima Ho ditolak. Ini menunjukkan bahwa penerapan grammar and translation method itu telah berhasil meningkatkan hasil belajar siswa kelas IVA pada pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah Al-Ittifaqiah Indralaya, berdasarkan keterangan tersebut maka di dapat hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Arab sebelum diterapkannya grammar and translation method, kategori tinggi sebanyak 2 orang siswa (9%), kategori sedang sebanyak 14 orang siswa (67%), dan kategori rendah sebanyak 5 orang siswa (24%). Sedangkan hasil belajar siswa setelah diterapkannya grammar and translation method, kategori tinggi sebanyak 7 orang siswa (33%), kategori sedang sebanyak 12 orang siswa (57%), dan kategori rendah sebanyak 2 orang siswa (10%).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 28 Aug 2018 03:28
Last Modified: 28 Aug 2018 03:28
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/2132

Actions (login required)

View Item View Item