UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENGHAFAL SIFAT MUSTAHIL BAGI ALLAH SWT DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN FLIPCHART PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 19 MUARA TELANG KECAMATAN MUARA TELANG KAB. BANYUASIN. (Skripsi)

Ningsih, Asmara (2016) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENGHAFAL SIFAT MUSTAHIL BAGI ALLAH SWT DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN FLIPCHART PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 19 MUARA TELANG KECAMATAN MUARA TELANG KAB. BANYUASIN. (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (360kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (147kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi di lapangan ditemukan alasan atas rendahnya kemampuan siswa kelas III dalam mata pelajaran PAI, yaitu kurangnya penekanan terhadap pemlihan metode belajar, kurangnya penggunaan alat peraga (media) dalam menyampaikan materi, penjelasan terlalu abstrak dan kurangnya perhatian siswa ketika pembelajaran berlangsung. Hal ini diperkuat dengan hasil tes yang dilakukan yaitu nilai rata-rata rendah, sementara ketuntasan rendah yakni dibawah 10% dari jumlah siswa kelas Penelitian ini berdasarkan permasalahan: apakah penerapan media Flipchart dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menghafal Sifat Mustahil bagi Allah SWT di kelas III SDN 19 Muara Telang Kabupaten Banyuasin? Penelitian tindakan kelas ini di laksanakan dengan tujuan untuk mengetahui apakah penerapan media Flipchart dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menghafal Sifat Mustahil bagi Allah SWT di kelas III SDN 19 Muara Telang Kabupaten Banyuasin. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua siklus. Yang di lakukan selama 2-3 Bulan. Data-data yang diperlukan dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi pengolahan pembelajaran, observasi aktivitas siswa dan guru serta tes formatif dan menggunakan analisis deskriptip kualitatif yaitu metode penelitian yang bersifat menggambarkan kenyataan atau fakta sesuai dengan data yang di peroleh dengan tujuan untuk mengetahui hasil belajar yang di capai siswa. Dari hasil perbaikan pembelajaran yang telah dilaksanakan melalui 2 siklus, maka dapat di ambil kesimpulan bahwa penggunaan media Flipchart dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menghafal Sifat Mustahil bagi Allah SWT di kelas III SDN 19 Muara Telang Kecamatan Muara Telang Kabupaten Banyuasin. Hal ini dapat di lihat dari : Hasil Observasi Pada Pra Siklus .Berdasarkan hasil tes yang dilakukan selama kegiatan pratindakan maka didapati hasil sebelum diterapkannya strategi The Power Of Two anak yang mendapat rentang nilai 30-40 berjumlah 3 orang (11.11%). rentang nilai 50-60 berjumlah 20 orang (74.07%) , rentang nilai 70-80 berjumlah 4 orang (14.81%) dan rentang nilai 90-100 tidak ada satupun siswa. Hasil Observasi Pada Siklus I, Perolehan nilai dari rentang nilai 30-40 berjumlah tidak terdapat, sementara rentang nilai 50-60 berjumlah 14 orang (51.85%), rentang nilai 70-80 berjumlah 12 orang (44.44%) dan rentang nilai 90-100 hanya 1 orang siswa (3.70%). Hasil Observasi Pada Siklus II. Berdasarkan hasil tes yang dilakukan pada siklus didapati nilai yang sangat baik dan menggembirakan yang merupakan indikator dari keberhasilan tindakan yang dilakukan yaitu peningkatan nilai anak yaitu perolehan nilai dari rentang nilai 30-40 tidak ada, rentang nilai 50-60 berjumlah 2 orang (7.40%), rentang nilai 70-80 berjumlah 22 orang (81.48%) dan rentang nilai 90-100 berjumlah 3 orang siswa (11%).

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: media Flipchart, strategi The Power Of Two, kemampuan menghafal.
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 15 Apr 2016 07:26
Last Modified: 15 Apr 2016 07:26
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/214

Actions (login required)

View Item View Item