Agustina, Arni (2016) PENERAPAN METODE ICE BREAKER DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMP PGRI BETUNG. (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.
|
Text
BAB I.pdf Download (286kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (316kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (151kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (244kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (81kB) | Preview |
Abstract
Kurang tepatnya pemilihan metode menyebabkan siswa cepat merasa bosan dalam mengikuti proses pembelajaran, sehingga membuat motivasi belajar siswa menurun. Hal ini disebabkan karena masih banyak siswa yang bercanda pada saat guru menjelaskan materi pelajaran, adanya ketidakfokusan siswa dikarenakan keluar masuk kelas pada saat jam pelajaran berlangsung, berbicara tidak penting bersama teman sebangku, dan adanya siswa yang sering melamun serta membuat kegaduhan dalam kelas pada saat proses pembelajaran berlangsung. Dengan diterapkan metode Ice Breaker ini diharapkan siswa lebih termotivasi untuk mengikuti pembelajaran. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah Bagaimana motivasi belajar siswa kelas eksperimen yang diterapkan metode Ice Breaker pada mata pelajaran PAI kelas VII di SMP PGRI Betung?, Bagaimana motivasi belajar siswa kelas kontrol yang tidak diterapkan metode Ice Breaker pada mata pelajaran PAI kelas VII di SMP PGRI Betung?, Bagaimana perbedaan antara motivasi belajar siswa kelas eksperimen yang diterapkan metode Ice Breaker dan motivasi belajar siswa kelas kontrol yang tidak diterapkan metode Ice Breaker pada mata pelajaran PAI kelas VII di SMP PGRI Betung? Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen (experimental method) yang menggunakan teknik post-test only control group design. Adapun teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di SMP PGRI Betung dengan sampel kelas VII.1 dengan jumlah 35 siswa sebagai kelas eksperimen yang menggunakan metode Ice Breaker dan kelas VII.2 berjumlah 35 siswa sebagai kelas kontrol yang tidak menggunakan metode Ice Breker. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, angket, dan dokumen. Sedangkan teknik analisa data yang digunakan adalah analisa uji “t”. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa ada perbedaan yang signifikan antara motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI pada eksperimen dan kelas kontrol. Untuk menguji signifikansi motivasi belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol, digunakan rumus uji ”t” dan diperoleh t0 sebesar 6,804. Perhitungan t0 dengan membandingkan tt baik pada taraf signifikan 5% atau pada taraf signifikan 1% adalah: 2,00<6,804> 2,65. Dengan demikian, berarti Ha yang berbunyi bahwa Terdapat perbedaan yang signifikan antara motivasi belajar siswa kelas eksperimen yang diterapkan metode Ice Breaker dan motivasi belajar siswa kelas kontrol yang tidak diterapkan metode Ice Breaker pada mata pelajaran PAI kelas VII di SMP PGRI Betung diterima dan hipotesis nihil (H_o) ditolak.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | motivasi, metode Ice Breaker, purposive sampling. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | perpus perpus perpus |
Date Deposited: | 15 Apr 2016 07:25 |
Last Modified: | 15 Apr 2016 07:25 |
URI: | http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/218 |
Actions (login required)
View Item |