PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SAVI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH HIJRIYAH II PALEMBANG. (Skripsi)

Sugesti, Ulum (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SAVI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH HIJRIYAH II PALEMBANG. (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
Ulum Sugesti_TarPGMI.pdf

Download (546kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan yaitu hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih materi infak dan sedekah, ini disebebkan oleh berbagai faktor, diantaranya guru masih menggunakan model atau metode yang konvensional serta dominasi guru dalam proses pembelajaran sehingga menyebabkan proses pembelajaran menjadi pasif dan membosankan, juga menyebabkan rendahnya hasil belajar. Rumusan masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah bagaimana hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran SAVI pada mata pelajaran fiqih kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Hijriyah II Palembang, bagaimana hasil belajar siswa yang tidak menerapkan model pembelajaran SAVI dan apakah terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran SAVI dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas eksperimen yang diterapkan model pembelajaran SAVI dan hasil belajar siswa kelas kontrol yang tidak menerapkan model pembelajaran SAVI serta untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran SAVI terhadap peningkatan hasil belasjar siswa. Skripsi ini merupakan jenis penelitian eksperimen (experimental method). dengan pendekatan kuantitatif yang menekankan pada suatu penelitian yang benar-benar dilakukan. Sampel dalam penelitian ini penulis mengambil 2 kelas untuk dijadikan sampel yaitu kelas IV.C sebagai kelompok eksperimen, dan kelas IV.B sebagai kelas kontrol yang masing-masing kelas berjumlah 25 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Untuk teknik analisa data dalam penelitian ini penulis menggunakan analisa uji tes “t” dan TSR. Berdasarkan analisa tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa kelas IV.C (kelas eksperimen) yang menerapkan model pembelajaran SAVI tergolong tinggi dengan presentase 16%, tergolong sedeang dengan presentase 60% dan tergolong rendah dengan presentase 14%. Hal ini dapat dilihat dari nilai hasil posttest. Sedangkan hasil belajar siswa kelas IV.B (kelas kontrol) yang tidak menerapkan model pembelajaran SAVI yang tergolong tinggi dengan presentase 24%, tergolong sedang sebanyak 48% dan yang tergolong rendah sebanyak 28%. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa yang signifikan yang diajar dengan menerapkan model pembelajaran SAVI dan yang tidak menggunakan model pembelajaran SAVI, dapat dilihat dari hasil uji “t” hitung yang besarnya diperoleh dalam perhitungan (to = 7,166) sedangkan besarnya t yang tercantum pada tabel t (tt.ts.5% = 2,01 dan tt.ts.1% = 2,68). Maka hipotesis nihil (Ho) yang diajukan ditolak. Ini berarti bahwa adanya pengaruh penerapan model Pembelajaran SAVI dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran fiqih kelas materi infak dan sedekah.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: imfak, experimental method, SAVI.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 15 Apr 2016 07:14
Last Modified: 15 Apr 2016 07:14
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/233

Actions (login required)

View Item View Item