EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE SURVEY, QUESTION, READ, RETICE, REVIEW (SQ3R) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN SKI DI MTs N 1 PALEMBANG. (Skripsi)

Sumartini, Sumartini (2016) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE SURVEY, QUESTION, READ, RETICE, REVIEW (SQ3R) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN SKI DI MTs N 1 PALEMBANG. (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (81kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul Efektivitas Penggunaan Metode Survey, Question, Read, Retice, Review, ( SQ3R) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII Pada Mata Pelajaran SKI Materi Dakwah Nabi Muhammad Saw Di Mekah Di MTs N 1 Palembang. Penelitian ini dilatar belakangi karena proses pemebelajaran ski materi dakwa Nabi Muhammah Saw di mekah di MTs N 1 Palembang masih menggunakan metode konvesional sehingga siswa kurang tertarik pada mata pelajaran SKI dan hasil belajar kurang maksimal. Untuk itulah peneliti mencari cara untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode SQ3R diharapkan siswa dapat meningkatkan hasil belajar. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini Bagaimana hasil belajar siswa kelas eksperimen yang diterapkan metode SQ3R pada mata pelajaran SKI kelas VII E di MTs N 1 Palembang, Bagaimana hasil belajar siswa kelas kontrol yang tidak diterapkan metode SQ3R pada mata pelajaran SKI kelas VII F di MTs N 1 Palembang, Bagaimana pengaruh penggunaan metode SQ3R dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII E dan kelas VII F di MTs N 1 Palembang. Adapun tujuan untuk Untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas eksperimen yang diterapkan metode SQ3R pada mata pelajaran SKI kelas VII E di MTs N 1 Palembang. Untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas kontrol yang tidak diterapkan metdoe SQ3R pada mata pelajaran SKI kelas VII F di MTs N 1 Palembang Untuk mengetahui pengaruh efektivitas penggunaan metode SQ3R dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII E dan kelas VII F di MTs N 1 Palembang. Adapun sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VII E sebagai kelas eksperimenyang berjumlah 40 siswa dan kelas VII F sebagai kelas kontrol yang berjumlah 39 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen quasi eksperimen desing dengan Nonquivalent Control Group Design dan data diperoleh dari hasil pre-test dan post-test kelas eksperimen dan jelas kontrol. Untuk menjawab rumusan masalah maka teknik analisis data yang digunakan yaitu uji “T” untuk dua sampel besar yang tidak mempunyai hubungan. Hasil belajar pre-test siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol hampir sama, tidak terdapat perbedaan yang signifikan yakni 1,99 < -1,604> 2,64.sedangkan hasil belajar post-test anatara kelas eksperimen dan kelas kontrol terdapat perbedaan yang signifikan. Hal ini terlihat dari hasil uji “t” yang menunjukan bahwa to lebih besar dari pada tt baik pada taraf signifikansi 50/o mau pun taraf signifikansi 10/0 dengan perincian 1,99 < 10,37 > 2,64. Ini bearti H0 ditolak.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Metode Survey, Question, Read, Retice, Review, (SQ3R), Meningkatkan Hasil Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 15 Apr 2016 06:53
Last Modified: 15 Apr 2016 06:53
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/242

Actions (login required)

View Item View Item