ALISA MERLIANA, 13210020 (2017) PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS SANTRI MUKIM DAN NON MUKIM DI PONDOK PESANTREN AL-ITTIFAQIAH INDRALAYA OGAN ILIR. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
Text
ALISA MERLIANA (13210020).pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini di latarbelakangi adanya perbedaan antara Santri mukim dan Non Mukim pada mata pelajaran Al-Qur‟an Hadits di Pondok Pesantren yang mempengaruhi prestasi belajar perserta didik Adapun Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Pertama, Bagaimana prestasi belajar pada mata pelajaran al-quran hadits santri mukim dan non mukim di pondok pesantren al-ittifaqiah indralaya ogan ilir? Kedua, Bagaimana perbedaan prestasi belajar mata pelajaran al-quran hadits santri mukim dan non mukim di pondok pesantren al-ittifaqiah indralaya ogan ilir? Ketiga, Apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar mata pelajaran al-quran hadits santri mukim dan non mukim di pondok pesantren al-ittifaqiah indralaya ogan ilir? Penelitian ini berupa penelitian kuantitatif, yang dimaksudkan untuk mengetahui data berupa angka, adapun populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh santri mukim dan santri non mukim kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Putri yang berjumlah santri mukim 118 dan santri non mukim berjumlah 37, jumlah keseluruhan santri kelas VIII Putri 155 santri. dalam hal ini sistem penarikan sampel yang peneliti gunakan adalah teknik random sampling dengan menentukan pilihan sistem acak pada Santri Mukim Dan Non Mukim Pondok Pesantren Al-Ittifaqiah Indralaya. Selanjutnya jika subjeknya lebih dari 100 maka diambil 10%, 15%, 20%, 25% atau lebih. Dalam penelitian ini jumlah santri mukim dan non mukim diambil dari jumlah yang sama yaitu 37 santri mukim dan 37 santri non mukim. Jadi jumlah populasi 74 dan kurang dari 100 maka diambil semuannya. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menggunakan rumus uji “t” berdasarkan data yang diperoleh dan dianalisis maka “t o ” telah diperoleh sebesar 1,36; sedangkan “t t = 2,00 dan 2,65 maka t o lebih kecil dari pada t t , baik pada taraf signifikasi 5% maupun pada taraf 1%. Dengan demikian Hipotesa alternatif yang diajukakan dalam penelitian ini tertolak yang menyatakan adanya perbedaan prestasi belajar pada mata pelajaran Al- Qur‟an Hadits santri Mukim dan Non Mukim di Pondok Pesantren Al-Ittifaqiah Indralaya Ogan Ilir, sedangkan Hipotesis nol (nihil) diterima yang menyatakan tidak adanya perbedaan prestasi belajar pada mata pelajaran Al-Qur‟an Hadits santri Mukim dan Non Mukim di Pondok Pesantren Al-Ittifaqiah Indralaya Ogan Ilir. Hal ini juga berarti bahwa perbedaan prestasi belajar pada mata pelajaran Al-Qur‟an Hadits santri mukim dan non Mukim tidak ada pengaruhnya terhadap pencapaian prestasi belajar santri di Pondok Pesantren Al-Ittifaqiah Indralaya Ogan Ilir. Dengan demikian hipotesis alternatif (H a ) ditolak dan hipotesis nihil (H 0 ) diterima.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | perpus perpus perpus |
Date Deposited: | 14 Feb 2019 07:22 |
Last Modified: | 14 Feb 2019 07:22 |
URI: | http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/2567 |
Actions (login required)
View Item |