Anggi Sufidawati, 13270005 (2017) FAKTOR PENYEBAB KESULITAN BELAJAR SISWA DI MI MU’ALLIMIN SANDIKA TALANG KELAPA. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
Text
Anggi Sufidawati (13270005).pdf Download (5MB) |
Abstract
Terdapat beberapa siswa yang mengalami kesulitan dalam belajar. Permasalahan terkait belajar tersebut terlihat pada kesulitan siswa dalam berkonsetasi, kesulitan dalam memanfaatkan waktu belajar, kesulitan dalam mengingat dan kesulitan dalam memahami pelajaran. Kemudian terlihat bahwasannya siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal latihan yang diberikan oleh guru mengakibatkan prestasi belajar yang diperoleh oleh siswa tidak maksimal. Penelitian ini berjudul Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Siswa di MI Mu‟allimin Sandika Talang kelapa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Apa sajakah faktor penyebab kesulitan belajar siswa di MI Mu‟allimin Sandika Talang Kelapa?, (2) Bagaimana cara guru mengatasi kesulitan belajar siswa di MI Mu‟allimin Sandika Talang Kelapa?. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, Informen penelitian ini adalah siswa kelas III.A yang mengalami kesulitan belajar. Adapun alat pengumpulan data dalam penelitian ini berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif yatru reduksi data, penyajian data dan penariakan kesimpulan. Hasil Penelitian ini adalah: Penyebab yang membuat siswa kesulitan dalam berkonsentrasi pada saat belajar. Tidak bervariasinya metode dan media pembelajaran yang digunakan oleh guru dan tidak kondusifnya kelas. Penyebab siswa tidak dapat memanfaatkan waktu saat belajar dikarenakan faktor kelelahan siwa dan faktor dari teman sebaya siswa. Adapun penyebab dari sulitnya siswa memahami materi pelajaran dikarenakan guru tidak mengulang kembali materi pelajaran yang menurut siswa sulit untuk dipahami. Kemudian, kurangnya motivasi siswa dalam belajar. Adapun penyebab siswa mengalami kesulitan dalam mengingat materi pelajaran dikarenakan materi pelajaran yang sudah di pelajari disekolah tidak pernah siswa pelajari lagi dirumah, sedangkan untuk mengingat materi pelajaran bukan hanya dalam waktu yang singkat saja akan tetapi waktu yang lama juga.untuk mengatasi siswa yang mengalami kesulitan dalam berkonsentrasi guru menggunakan metode pembelajaran yang membuat siswa kembali aktif dan berkonsnetrasi. Kemudian, agar siswa mampu memanfaatkan waktu belajar dengan baik pada saat proses pembelajaran guru memberikan batasan waktu pada siswa dalam mengerjakan latihan evaluasi dengan tujuan agar waktu lebih efektif, dan memberikan nasihat agar siswa rajin belajar dirumah. Dalam mengatasi siswa yang berkesulitan dalam memahami materi pelajaran, salah satu cara yang digunakan dengan mengaitkan materi pelajaran yang dielajari dengan kehidupan sehari-hari siswa.Untuk mengatasi siswa yang mengalami kesulitan dalam mengingat materi dengan terus memberikan latihan- latihan evaluasi dan PR untuk dikerjakan dirumah. kata kunci: faktor Penyebab Kesulitan Belajar Siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | perpus perpus perpus |
Date Deposited: | 14 Feb 2019 07:24 |
Last Modified: | 14 Feb 2019 07:24 |
URI: | http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/2574 |
Actions (login required)
View Item |