PEMANFAATAN MEDIA AUDIO VISUAL (CD) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR ANAK PADA MATA PELAJARAN SKI DI KELURAHAN JANGKAR MAS KECAMATAN DEMPO UTARA KOTA PAGARALAM

ANNISA AYU WULAN DARY, 13210038 (2017) PEMANFAATAN MEDIA AUDIO VISUAL (CD) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR ANAK PADA MATA PELAJARAN SKI DI KELURAHAN JANGKAR MAS KECAMATAN DEMPO UTARA KOTA PAGARALAM. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
ANNISA AYU WULAN DARY (13210038).pdf

Download (2MB)
Official URL: http://perpustakaan.ac.id

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pengaruh penggunaan media komunikasi terhadap motivasi belajar anak di kelurahan jangkar mas kecamatan dempo utara kota pagaralam. Pemanfaatan yang dimaksud di sini adalah penggunan dari media audio visual (CD). motivasi belajar adalah suatu dorongan yang ada di dalam diri seseorang untuk melakukan sesuatu untuk memperoleh perubahan tingkah laku yang ditandai dengan perasaan dan reaksi dalam berinteraksi dengan lingkungannya untuk mencapai suatu tujuan. Populasi dalam penelitian ini adalah anak-anak yang berusia 12-14 tahun (sekolah menengah pertama) di kelurahan jangkar mas kecamatan dempo utara kota pagaralam sebanyak 250 siswa, dari populasi tersebut diambil 10% yaitu 25 anak sebagai sampel.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dengan menggunakan statistik angka dan skor. Selanjutnya diolah dengan proses pemindahan data dalam bentuk tabel yaitu tabel frekuensi. Setelah semua data terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus TSR, Presentase, dan Produc Moment. Dari perhitungan menggunakan rumusan korelasi product moment, secaraoperasional analisis data, ternyata angka korelasi antara variabel X dan variabel Ybertanda positif dengan memperhatikan besarnya r xy yang diperoleh yaitu sebesar0,72. Kemudian pada taraf signifikan 5% diperoleh nilai “r” tabel sebesar 0, 396,dan pada taraf signifikan 1% diperoleh nilai sebesar 0, 505. ternyata r xy yang(besarnya = 0,72) adalah jauh lebih besar daripada “r” tabel (yang besarnya0, 396 dan 0, 505). Karena r xy lebih besar dari “r” tabel, dengan demikian hipotesisalternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Ini berarti terdapat korelasipositif yang kuat atau tinggi antara pemanfaatan media audio visual(CD).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 14 Feb 2019 07:24
Last Modified: 14 Feb 2019 07:24
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/2578

Actions (login required)

View Item View Item