PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA TIGA DIMENSI TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI SISTEM GERAK DI KELAS XI SMA NEGERI 1 PEMULUTAN OGAN ILIR

AZIZAH BADRIAH, 13222012 (2018) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA TIGA DIMENSI TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI SISTEM GERAK DI KELAS XI SMA NEGERI 1 PEMULUTAN OGAN ILIR. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
Azizah Badriah (13222012).pdf

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.ac.id

Abstract

Pentingnya keefektifan proses pembelajaran didalam kelas menuntut guru lebih produktif dan variatif dalam mencapai tujuan pembelajaran. Dengan pemanfaatan penggunaan media pembelajaran tiga dimensi diharapkan mampu menciptakan pembelajaran lebih efektif dalam tercapainya tujuan pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar siswa. Media tiga dimensi adalah sekolompok media tanpa proyeksi yang disajikan secara visual tiga dimensional. Media ini berwujud sebagai benda yang menyerupai benda asli untuk mewakili bentuk aslinya, baik disajikan secara hidup maupun mati. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media tiga dimensi terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi sistem gerak di kelas XI SMA Negeri 1 Pemulutan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan Quasi Experimental design. Populasi yang digunakan seluruh kelas XI di SMA Negeri Pemulutan tahun 2017/2018. Dari 2 kelas populasi, dua kelas diambil sebagai sampel penelitian. Kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 1 sebagai kontrol, dengan penentuan sampel dengan teknik sampel jenuh. Pada penelitian ini dilaksanakan 2 kali pertemuan pada tiap kelas penelitian. Kelas ekperimen menggunakan media tiga dimensi dan kelas kontrol dengan menggunakan media dua dimensi. Dari hasil analisis yang telah dilakukan setelah penelitian, diperoleh nilai N-gain pada peningkatan hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol, yaitu 0,8 (tinggi) dan 0,5 (sedang). Selain peningkatan dari nilai N-gain terdapat pula hasil analisis uji hipotesis yang dilakukan dengan perhitungan uji t. hasil yang didapat adalah nilai t hitung > t tabel (2,590 > 1,677) maka H 0 ditolak dan H a diterima. Hal ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan media pembelajaran tiga dimensi terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem gerak dikelas XI SMA Negeri 1 Pemulutan Ogan Ilir. Pada penelitian selanjutnya hendaknya melengkapi dengan meneliti aspek yang lebih terperinci lagi, dengan penerapan media tiga dimensi dengan model lain yang lebih variatif . Kata Kunci : Media Tiga Dimensi; Hasil Belajar Kognitif Siswa

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 21 Nov 2018 04:09
Last Modified: 21 Nov 2018 04:09
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/2591

Actions (login required)

View Item View Item