PENGARUH PENGGUNAAN MODUL POP-UP TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN DI SMP MUHAMMADIYAH 6 PALEMBANG

DAHLIA NOVA SARI, 13222020 (2018) PENGARUH PENGGUNAAN MODUL POP-UP TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN DI SMP MUHAMMADIYAH 6 PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
DAHLIA NOVA SARI (13222020).pdf

Download (3MB)
Official URL: http://perpustakaan.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Modul Pop- Up terhadap Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Materi Sistem Pencernaan di SMP Muhammadiyah 6 Palembang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuntitatif. Populasi yang digunakan adalah seluruh kelas VIII di SMP MuhammadiyaH 6 Palembang. Dengan menggunakan teknik purposive sampling, adapun kelas yang dijadikan sampel kelas eksperimen yaitu kelas VIII 2 dan sampel kelas kontrol yaitu kelas VIII 1 dengan jumlah siswa sebanyak 60 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian tes dan angket. Setelah data diperoleh dari hasil penelitian maka data tersebut dianalisis dengan 2 cara yaitu, dengan teknik analisis inferensial dan n-gain. Teknik inferensial digunakan untuk mengetahui pengaruh penggunaan modul Pop-Up terhadap peningkatan hasil belajar kognitif siswa pada materi sistem pencernaan. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang positif penggunaan modul Pop- Up terhadap peningkatan hasil belajar kognitif siswa, hal ini dapat dilihat dari hasil pretestkelas eksperimen diperoleh nilai terendah 20 dan nilai tertinggi 70 hasil pretestkelas kontrol diperoleh nilai terendah 10 dan nilai tertinggi 70. Selanjutnya hasil postest kelas eksperimen diperoleh nilai terendah 55 dan nilai tertinggi 90 hasil postestkelas kontrol diperoleh nilai terendah 30 dan nilai tertinggi 85. Selanjutnya hasil uji-t yaitu nilai yaitu 4,534 > 1,672 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, maka diterima dan ditolak, dan berdasarkan skor rata-rata tes hasil belajar siswa bahwa untuk skor kelas kontrol yaitu sebesar 62,50 dan kelas eksperimen sebesar 76,66 ini menunjukan bahwa kelas eksperimen lebih unggul dibandingkan kelas kontrol. Siswa dan guru juga memberikan tanggapan positif dalam penggunaan modul Pop-Up. Kata Kunci : Modul Pop-Up; Hasil Belajar Kognitif

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 14 Feb 2019 07:25
Last Modified: 14 Feb 2019 07:25
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/2597

Actions (login required)

View Item View Item