PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMTING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN SKI DI KELAS X.I MA AL-FATAH PALEMBANG

ZULFIKRI SHOLIHIN, 13210316 (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMTING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN SKI DI KELAS X.I MA AL-FATAH PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
ZULFIKRI SHOLIHIN (13210316).pdf

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.ac.id

Abstract

Penelitian ini berjudul “Penerapan Model Pembelajaran Probing Promting Dalam Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran SKI di Kelas X.1 MA Al-Fatah Palembang”. Penelitian ini dilatar belakangi karena masih banyak anak didik yang belum mengoptimalkan kemampuan berfikir kritis mereka terutama pada saat pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam ini berlangsung. Hal ini bisa dilihat ketika guru menerangkan materi SKI, siswa masih belum melakukan aktifitas seperti aktivitas bertanya, menjawab pertanyaan, menganalisis materi pelajaran dan menyimpulkan materi pelajaran. Serta pada proses pembelajarannya interaksi antara guru dan siswa hanya melalui guru bercerita lalu siswa mendengarkan, sehingga tidak terjadinya proses berfikir yang melibatkan aktivitas siswa seperti siswa merumuskan masalah, memberikan argumen, menyusun laporan, melakukan dedukasi, melakukan induksi, melakukan evaluasi, memutuskan, melaksanakan dan berinteraksi dengan yang lain untuk memecahkan suatu masalah. Kondisi ini menyebabkan aktifitas berfikir siswa tidak terjadi. Adapun sampel dalam penelitian ini yaitu kelas X.1 dengan jumlah keseluruhan ada 24 siswa, jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research) dalam bentuk eksperimen. Penelitian ini menghasilkan penemuan bahwasannya penerapan model pembelajaran Probing Promting dapat meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa di kelas X.I Madrasah Aliyah Al-Fatah Palembang. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis uji-t yang diperoleh, yaitu nilai hitung t sebesar1,827. Pada taraf signifikansi 5% ditentukan nilai tabel t sebesar 1,679. Berdasarkan nilai-nilai hitung t dan tabel t ini dapat kita tuliskan sebagai berikut: t t (5% = 1,679 < 1,827). Maka hasilnya adalah signifikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 14 Feb 2019 07:25
Last Modified: 14 Feb 2019 07:25
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/2599

Actions (login required)

View Item View Item