PENGARUH LOKASI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA PEGADAIAN SYARIAH SUKA BANGUN PALEMBANG

Muhammad Abdul Rokhim, 13190173 (2017) PENGARUH LOKASI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA PEGADAIAN SYARIAH SUKA BANGUN PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
MUHAMMAD ABDUK ROKHIM (13190173).pdf

Download (2MB)
Official URL: http://perpustakaan.ac.id

Abstract

Pegadaian merupakan salah satu bisnis yang bergerak pada sektor jasa, segmen pasarnya adalah para nasabah yang membutuhkan dana cepat. Berdirinya Pegadaian Syariah ini diharapkan mampu ikut serta dalam membangun perekonomian yaitu mengurangi pengangguran. Berdasarkan pencarian data yang penulis lakukan terhadap pegadaian syariah di Palembang secara garis besar selalu mengalami perkembangan yang sangat signifikan. Untuk itu, perlu adanya penelitian yang mengkaji apakah lokasi dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan nasabah pada Pegadaian Syariah Suka Bangun Palembang. Jenis penelitian yang dipakai adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan data primer melalui daftar pertanyaan (kuisioner) yang telah disiapkan dengan mengambil 30 responden dari nasabah di Pegadaian Syariah Suka Bangun Palembang. Metode yang dipakai dalam pengambilan sampel menggunakan accidental sampling yaitu pengambilan sampel berdasarkan target tertentu, adapun kriteria yang digunakan adalah nasabah yang berhasil ditemui di Pegadaian Syariah Suka Bangun Palembang. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa variabel independen yang paling berpengaruh terhadap variabel dependen adalah variabel lokasi (0,874) sedangkan variabel kualiatas pelayanan (0,441) . Pengujian hipotesis menggunakan uji T menunjukkan bahwa variabel lokasi dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel dependen kepuasan nasabah. Angka adjusted R square yang diperoleh sebesar 0,61 atau 61% hal ini menunjukkan bahwa sangat besar pengaruh variabel bebas (variabel lokasi dan kualitas pelayanan) terhadap variabel terikat (kepuasan nasabah) sedangkan sisanya 39% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata kunci : lokasi, kualitas pelayanan dan kepuasan nasabah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 14 Feb 2019 07:25
Last Modified: 14 Feb 2019 07:25
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/2600

Actions (login required)

View Item View Item