HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN AKHLAK SISWA KELAS VIII DI SMP QURANIAH PALEMBANG. (Skripsi)

Ali, Haidir (2016) HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN AKHLAK SISWA KELAS VIII DI SMP QURANIAH PALEMBANG. (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (101kB) | Preview

Abstract

Selama ini banyak orang yang berpendapat bahwa untuk menjadi orang yang sukses diperlukan kecerdasan intelektual yang tinggi. Namun menurut hasil penelitian terbaru di bidang psikologi membuktikan bahwa IQ bukanlah satu-satunya faktor yang mempengaruhi keberhasilan atau kesuksesan seseorang, tetapi ada banyak faktor yang mempengaruhi salah satunya adalah kecerdasan emosional. Adapun judul skripsi yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah “HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN AKHLAK SISWA KELAS VIII DI SMP QURANIAH PALEMBANG” yang terdiri dari lima bab yaitu meliputi Bab I Pendahuluan, Bab II Kecerdasan Emosional dan Akhlak, Bab III Gambaran Umum SMP Quraniah Palembang, Bab IV Analisis Data, dan Bab V Penutup yang meliputi Kesimpulan dan Saran. Masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah bagaimana kecerdasan emosional siswa, bagaimana akhlak siswa, dan apakah ada hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan akhlak siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kecerdasan emosional dan akhlak siswa, dan untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara Kecerdasan Emosional dengan Akhlak Siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII dengan jumlah siswa 155, yang terdiri dari 80 laki-laki dan 75 perempuan, dari populasi tersebut diambil 30% yaitu 46 siswa sebagai sampel, dalam penentuan sampel ini menggunakan teknik random sampling atau secara acak. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dengan menggunakan statistik angka dan skor. Selanjutnya diolah dengan proses pemindahan data dalam bentuk tabel yaitu tabel frekuensi. Setelah semua data terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus TSR, Presentase, dan korelasi product moment. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Kecerdasan Emosional di SMP Quraniah Palembang setelah diuji statistik tergolong Tinggi sebanyak 16 siswa (34,78%), sedangkan tergolong Sedang sebanyak 27 siswa (58,70%), dan tergolong Rendah sebanyak 3 siswa (6,52%). Akhlak siswa di SMP Quraniah Palembang setelah diuji statistik tergolong Tinggi sebanyak 18 siswa (39,13%), sedangkan tergolong sedang sebanyak 21 siswa (45,65%), dan tergolong Rendah sebanyak 7 siswa (15,22%). Setelah dilakukan penghitungan dan analisa data, maka hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kecerdasan emosional siswa SMP Quraniah Palembang tergolong sedang sebesar 58,70%, begitupun pada akhlak siswanya tergolong sedang sebesar 45,65%. Berdasarkan analisa data dengan menggunakan rumus statistik product moment ternyata ada hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan akhlak siswa, karena berdasarkan perbandingan nilai “r” yang terdapat pada nilai “phi” adalah lebih kecil dari pada “r” tabel, baik pada taraf signifikansi 5% maupun pada taraf signifikansi 1% (0,288>0,608<0,372).

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: kecerdasan emosional, akhlak, TSR.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 15 Apr 2016 02:26
Last Modified: 15 Apr 2016 08:40
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/261

Actions (login required)

View Item View Item