PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VIII SMPN 3 PALEMBANG

PRIMANANDA MALYATI, 12210195 (2017) PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VIII SMPN 3 PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
PRIMANANDA MALYATI (12210195).pdf

Download (2MB)
Official URL: http://perpustakaan.ac.id

Abstract

Lingkungan sekolah adalah lingkungan pendidikan utama yang kedua setelah keluarga. Di lingkungan yang baru dikenalnya, anak-anak bisa mendapatkan pelajaran yang baik akan tetapi anak-anak juga bisa mendapatkan pelajaran yang buruk pula. prestasi belajar adalah pencapaian tertinggi yang diperoleh atas hasil belajar yang telah diupayakan dalam menggapainya sehingga menjadi tolak ukur nilai tertinggi. Prestasi belajar juga dapat dikatakan sebagai hasil belajar karena untuk mencapai prestasi seorang murid harus melalui proses belajar yang disadari dan dilakukan secara maksimal, lalu akhir dari proses belajar ialah hasil belajar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: bagaimana keadaan lingkungan sekolah di SMP Negeri 3 Palembang? Bagaimana prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas VIII SMP Negeri 3 Palembang? Apakah ada pengaruh yang signifikan antara lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII di SMP Negeri 3 Palembang? Tujuan dalam penelitian ini adalah: Untuk mengetahui keadaan lingkungan sekolah di SMP Negeri 3 Palembang. Untuk mengetahui tingkat prestasi belajar siswa di SMP Negeri 3 Palembang. Untuk mengetahui pengaruh lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII di SMP Negeri 3 Palembang. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif. Jenis data kuantitatif yaitu data yang berkenaan dengan lingkungan sekolah dan prestasi belajar. Sumber data primer adalah siswa kelas VIII yang terdiri dari 8 kelas namun setiap kelas hanya diambil sampel 6 sampai 7 sampel jadi jumlah keseluruhan 52 siswa sebagai sampel penelitian. Sedangkan sumber data sekunder adalah kepala sekolah, guru- guru dan dokumen-dokumen. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Palembang. sedangkan sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 52 siswa. Data diperoleh dengan metode observasi, angket (kuesioner), nilai ulangan harian siswa, dokumentasi dan wawancara. Terlebih dahulu data dikumpulkan, kemudian direkapitulasi, selanjutnya dianalisis dengan statistik yaitu dengan menggunakan rumus mean, standar deviasi, TSR, dan Product Moment (Pearson). Hasil penelitian ini adalah: pertama, lingkungan sekolah di SMP Negeri 3 Palembang dari 52 responden terdapat 22 responden yang menyatakan sedang sebesar 42,30%. Kedua, prestasi belajar siswa di SMP Negeri 3 Palembang dari 52 responden terdapat 35 responden yang menyatakan sedang sebesar 67,30%. Ketiga, ada pengaruh yang signifikan antara lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII SMP Negeri 3 Palembang. berdasarkan hasil analisis statistik bahwa “r” hitung 0,420 lebih besar dari pada “r” tabel (Product Moment) baik pada taraf signifikasi 5% (0,273) mauppun pada taraf signifikasi 1% (0,354).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 14 Feb 2019 07:28
Last Modified: 14 Feb 2019 07:28
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/2612

Actions (login required)

View Item View Item